spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Keluhkan Antrean SPBU, Mengganggu Pengguna Jalan

BONTANG – Antrean panjang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sudah menjadi hal yang biasa dijumpai beberapa bulan terakhir. Apalagi antrean panjang tersebut sampai memakan bahu jalan, yang akhirnya pengguna jalan merasa terganggu.

Yohan, salah satu warga yang mengeluhkan  antrean panjang dan menimbulkan kemacetan.

“Mau gimana ya, kita sebagai pengendara juga pengguna jalan sangat merasa terganggu jika melewati SPBU dengan antrean panjang seperti ini. Ini kan jalan umum, tetapi malah dipakai buat parkiran untuk antrean pom bensin,” jelasnya saat diwawancarai, Selasa (19/12/2023)

Hal yang sama, Nita, salah satu pedagang mengatakan jika tempat usahanya tertutupi dengan banyaknya kendaraan yang terparkir untuk antrean BBM di SPBU.

“Kadang antrean sampai di tempat usaha saya, menutupi. Sehingga, orang yang ingin membeli di tempat saya parkirnya jauh dari jualan saya. Apalagi kalau sudah antrean panjang, sampai susah pembeli buat parkir kendaraan mereka,” ucapnya.

Dalam hal tersebut, dikonfirmasi langsung oleh Farida Ariyani, Kepala Bidang Usaha SPBU Kopkar PKT menjelaskan bahwa antrean tersebut sudah sering kali pihak SPBU membicarakan hal ini dengan dinas terkait, seperti Polres Bontang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang.

“Ini sudah sering kali kami bicarakan bersama, karena antrean di luar SPBU sudah bukan tanggung jawab kami lagi, melainkan tanggung jawab Polres dan Dishub untuk penertiban antrean tersebut,” ungkapnya.

Antrean tersebut terkadang sudah melebihi batas yang telah disediakan. Sehingga, banyaknya keluhan masuk dari masyarakat sekitar SPBU yang terganggu dengan aktivitas parkiran antrean BBM di bahu jalan.

“Terkadang, kami belum membuka pun sudah banyak yang mengantre untuk mengisi BBM di luar pagar pembatas. Seperti tadi pagi, kami meminta bantuan dari Polres untuk mengatur tertibnya mengantre,” bebernya.

Farida juga menambahkan, masih akan terus mencari solusi untuk antrean BBM di SPBU. Salah satunya, dalam antrean tersebut sudah dikurangi satu jalur, yang awalnya terdapat dua jalur.

“Padahal, ini sudah dikurangi satu baris, yang awalnya ada dua. Juga nantinya kita masih meminta bantuan kepada Polres dan Dishub Bontang untuk penertiban antrean di SPBU, karena itu memang tugas dan wewenang mereka,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img