spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Pede Malahing Juara ADWI 2023

BONTANG – Kampung Malahing memasuki tahap penilaian dalam lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Sabtu (24/6/2023). Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua bersama 2 orang Tim Juri ADWI datang mengunjungi Kampung Malahing untuk menilai.

Penilaian ADWI 2023 tersebut diawali dengan kedatangan 2 tim juri, yaitu Mangkukandia dan Agus Wiyono yang melaksanakan penilaian di pagi hingga sore hari. Keduanya tidak sendiri, namun beserta tim kreatif yang bertujuan membuat video Kampung Malahing.

Tim juri menilai berdasarkan 5 kategori yang telah dipaparkan. Mulai dari daya tarik pengunjung, homestay dan toilet, souvenir, digital dan konten kreatif, hingga kelembagaan.

Di siang harinya sekira pukul 14.00 Wita, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua tiba di Kampung Malahing dibersamai Wali Kota Bontang, Basri Rase, Wawali, Najirah, Kadispopar Ahmad Aznem, beserta seluruh unsur forkopimda dan perwakilan perusahaan.

Indra pun berkesempatan menikmati beragam spot-spot wisata yang tersedia di kampung atas laut tersebut. Mengelilingi kampung menggunakan perahu kecil, menyaksikan homestay ataupun cottage yang tersedia, hingga menikmati tari-tarian lokal yang disuguhkan oleh masyarakat Malahing. Bahkan Indra pun berkesempatan menandatangani prasasti di kampung tersebut.

BACA JUGA :  Dispopar Rapat Koordinasi, Matangkan Persiapan Sambut Juri ADWI

“Malahing memiliki banyak potensi. Ada industri-industri dan perusahaan di sekitarnya. Maka manfaatkan potensi ini sebaik-baiknya. Tentunya bukan buat siapa-siapa, keberhasilan itu akan dinikmati oleh masyarakat Malahing dan sekitarnya,” ujar Indra dalam sambutannya.

“Semoga dengan kontribusi dari perusahaan ini, pariwisata di Bontang bisa semakin maju dan berkembang, khususnya di Malahing. Potensi wisata di Malahing luar biasa, tinggal bagaimana mengemasnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang mengungkapkan kepercayaan dirinya Kampung Malahing bisa mendapatkan kategori juara. Dirinya yakin, Malahing memiliki banyak kelebihan dibandingkan desa-desa wisata yang lain sehingga layak untuk mendapatkan juara.

“Bukan suatu keniscayaan jika suatu saat kami dipanggil pak menteri, untuk diberikan penghargaan sebagai yang terbaik,” tegasnya.

Selain itu, Ia mengatakan Pemkot Bontang berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan di Kampung malahing. Karena Malahing telah ditetapkan sebagai desa wisata.

“Di kawasan ujung Malahing nantinya akan kami tambah terus resortnya. Di situ tidak ada lagi pemukiman, karena di sana memang tempat untuk tujuan wisata,” ungkapnya.

BACA JUGA :  BSC Resmi Ditutup, Idham Harap  Dapat Berlanjut Tahun Depan

“Terima kasih Pak Indra semoga ke depan akan kembali lagi ke sini,” pungkasnya. (adv/al)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img