spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wagub Presentasi dan Wawancara KIPP 2023, Inovasi Pro Lanteraku

TANJUNG SELOR – Inovasi milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yakni, Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara (Pro Lantera Ku) memasuki tahapan presentasi dan wawancara Kelompok Khusus pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023.

Pro Lantera Ku berhasil masuk ke dalam 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023. Dimana, kelompok khusus adalah Top Terpuji selama Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2014-2021.

Mewakili Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum, dihadapan Tim Panel Independen atau TPI, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Dr. Yansen TP, M.Si mempresentasikan inovasi Pro Lantera Ku miliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara secara daring di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Gubernur Kaltara, Senin (17/7).

“Pro Lantera Ku sebagai strategi Pemprov Kaltara memaksimalkan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Pelayanan Pro Lantera Ku telah menjadi penopang penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah ini,” jelas Wagub.

Dampaknya, sejak mengudara awal 2014 hingga April 2023, total masyarakat yang terlayani Pro Lantera Ku sebanyak 18.315 orang. Lanjut dari segi biaya, periode tahun 2019 hingga 2021, anggaran yang dihabiskan untuk layanan berobat gratis ini sebesar Rp 5,15 miliar. Estimasi biaya jika masyarakat berobat secara mandiri ke rumah sakit terdekat itu bisa menelan biaya Rp 21 miliar.

Namun, tantangan geografis dan infrastruktur yang minim membuat akses pelayanan medis tetap menjadi kendala. “Kendati demikian, tim Pro Lentera Ku bekerja tanpa lelah untuk memberikan bantuan medis kepada penduduk yang kesulitan mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan,” ujar Wagub Yansen.

Pemprov Kaltara sendiri, terdaftar masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023 tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) No. 54 Tahun 2023, tentang Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2023.

Dari instansi pemerintah yang berhasil masuk daftar 15 Finalis Kelompok Khusus KIPP 2023 terdiri dari 2 kementerian, 1 lembaga, 3 pemerintah provinsi, 6 pemerintah kabupaten, dan 3 pemerintah kota.

Pro Lantera Ku bersama 2 inovasi lainnya di jajaran Pemerintah Provinsi. Yakni, Melintasi Batas Ruang Kelas Bersama milik Pemprov DI Yogyakarta, dan Cegah Kanker Serviks Dengan Mobil Deteksi Kanker Hibiscus dan Motor Bunga Indah milik Pemprov DKI Jakarta. (dkisp)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img