Jumat, Agustus 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Waduh! Varian Delta Sudah Masuk Bontang, Hasil Uji Sampel Kemenkes 3 Orang Positif Terpapar

BONTANG – Virus Corona varian Delta dipastikan telah masuk di Bontang. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan di Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbang Kemenkes) RI terhadap sampel pasien positif Covid-19 yang dikirim Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang beberapa waktu lalu.

Kepala Dinkes Bontang, Bahauddin mengatakan, pihaknya sejauh ini telah mengirimkan sampel ke Litbang Kemenkes sebanyak 33 sampel. Rinciannya, 23 sampel pada 17 Mei 2021, kemudian 3 sampel pada 11 Juni 2021, dan 7 sampel pada 16 Juni 2021.

Hasilnya, 3 dari 33 sampel tersebut dipastikan terkonfirmasi terpapar virus yang juga dikenal dengan sebutan B.1.617.2 itu. “Sisa sampel lainnya, kami masih menunggu hasil dari labkes,” kata Bahauddin, saat menggelar konferensi pers bersama Kadiskominfo secara virtual di Command Center, Rabu (21/7/2021).

Bahauddin memaparkan, ketiga pasien yang terkonfirmasi positif varian delta itu di antaranya dua orang perempuan berusia 18 tahun dan 9 tahun yang tinggal di Kelurahan Belimbing, serta seorang laki-laki berusia 22 tahun yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di salah satu hotel di Bontang. Ketiganya kini sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dua perempuan tersebut, lanjut Bahauddin, tertular virus dari kedua orang tuanya yang sebelumnya juga dinyatakan positif Covid-19. Orang tua mereka, kata Bahauddin, juga pernah mendatangkkan tenaga kerja dari Jawa Tengah untuk keperluan pengembangaan usahannya. Dari tenaga kerja yang didatangkkan itu, salah satunya ada yang sempat dinyatakan positif Corona. “Kami tidak tahu apakah penularanya dari situ,” ucapnya.

Dengan kondisi saat ini, Kadinkes meminta masyarakat untuk lebih waspada dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, sebab varian Delta memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat dibandingkan virus Corona sebelumnya. (bms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pelayanan Disdukcapil Samarinda Sepenuhnya Online

0
SAMARINDA - Kota Samarinda termasuk dalam 8 daerah di Kalimantan Timur yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Konsekuensi dari hal ini...

Gubernur Isran Harap Insentif Nakes Dapat Ditanggung Pemerintah Pusat

0
BALIKPAPAN – Permasalahan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang sudah tidak ditanggung lagi oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu poin penyampaian Gubernur kaltim, Isran...