spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wadah Komunikasi dan Koordinasi, Pemkab PPU Gelar Forum Satu Data

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan Forum Satu Data Kabupaten PPU di aula lantai III Kantor Bupati PPU, Selasa (31/10/2023). Forum ini bertujuan sebagai wadah komunikasi dan koordinasi bagi semua pihak terkait, dalam penyelenggaraan tata kelola data pembangunan untuk mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI).

Hadir dalam kesempatan tersebut, perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim Khairil Anwar, Kepala BPS PPU Hotbel Purba, dan perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemkab PPU. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU, Herlambang mewakili Pj Bupati PPU.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah pusat secara nasional telah menetapkan kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) melalui Perpres 39/2019 tentang Satu Data Indonesia. Yang menegaskan bahwa penyelenggaraan pengelolaan data secara nasional.

Bertujuan pula untuk mendukung percepatan penyediaan data yang terpadu, mutakhir, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses. Herlambang menyebut kebijakan ini wajib diimplementasikan di PPU sebagai mitra Ibukota Nusantara (IKN).

“Saat ini semua mata dan perhatian publik nasional bahkan internasional tertuju ke kabupaten kita ini. Keberadaan data dan informasi terkait daerah kita ini menjadi krusial dan sangat dibutuhkan oleh banyak pihak,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kaltim Silent, Momen Masyarakat PPU Lebih Peduli 5M

Dalam forum ini, disosialisasikan pula rencana adanya aplikasi kamus SDI-PPU yang dirancang oleh BPS PPU. Guna memudahkan perangkat daerah dalam memahami istilah-istilah terkait SDI.

Selain itu, melalui forum ini, diluncurkan pula Portal Satu Data Kabupaten PPU yang disaksikan oleh peserta Forum Satu Data. Portal Satu Data Kabupaten PPU dapat diakses melalui data.penajamkab.go.id.

“Agar semua aspek terkait pelaksanaan pembangunan harus berbasis bukti, berdasar data yang akurat dan faktual,” tutup Herlambang. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img