spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wabup Buka Bimtek Jitupasna dan R5PB 2024, Harapkan Panduan Konkret Penanganan Pasca Bencana di Mahulu

MAHAKAM ULU – Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Yohanes Avun, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) dan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana (R3PB) Kabupaten Mahulu Tahun 2024 di ruang rapat Kantor BPBD Kabupaten Mahulu pada Selasa, (27/02).

Saat membacakan sambutan Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, Wabup Mahulu, Yohanes Avun, menyatakan apresiasi terhadap penyelenggaraan bimtek tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para instruktur, tamu undangan, dan peserta yang telah hadir serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kehadiran dan kontribusi Anda sangat berarti dalam upaya peningkatan kapasitas dan penanganan bencana di Kabupaten Mahakam Ulu,” beber Wabup.

Wabup menekankan bahwa Bimtek ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan teknis, tetapi juga memperkuat koordinasi dan sinergi antarinstansi terkait.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan agar seluruh peserta dapat aktif berpartisipasi, bertukar pengalaman, serta menjalin jaringan kerjasama yang solid demi tercapainya tujuan bersama dalam menghadapi bencana,” tutur Wabup.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan bahwa penyusunan dokumen Jitupasna dan R3PB memiliki peranan strategis sebagai panduan dalam merumuskan kebijakan, program, dan langkah-langkah konkret dalam menangani bencana serta pemulihan kondisi pasca bencana.

“Saya mengajak tim penyusun untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, menggali data dan informasi yang akurat, serta menyusun strategi yang komprehensif guna mencapai hasil yang optimal,” imbuh Wabup.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Kalimantan Timur, Andik Wahyudi, menyampaikan bahwa tujuan Bimtek ini adalah untuk penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Bencana bukan hanya urusan kita sendiri, tapi merupakan urusan bersama, mulai dari Kabupaten Mahulu, BPBD Provinsi Kaltim, hingga BPBD Nasional,” kata Andik.

Bimtek, yang berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 29 Februari 2024, diikuti oleh sekitar 30 peserta dari berbagai OPD dan staf BPBD Kabupaten Mahulu.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Mahulu, Agus Darmawan, narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Ranggi Maulana, dan perwakilan dari masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Mahakam Ulu.

Pewarta: Ichal
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img