spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Vaksinasi di Perbatasan Samarinda-Kukar, Warga Lansia dan Disabilitas Antusias

SAMARINDA – Tak hanya fokus pada vaksinasi massal di tengah kota, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kaltim juga menggelar vaksinasi di daerah perbatasan kota. Tepatnya di Kelurahan Sindang Sari dan Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Samarinda. Sebanyak 900 dosis vaksin Sinovac tahap 1 dan 2 disiapkan saat vaksinasi, Kamis (9/12/2021).

“Tujuan vaksinasi di daerah perbatasan kota ini adalah memfasilitasi warga yang tidak sempat menuju lokasi vaksinasi di tengah kota akibat kesibukan rutinitas pekerjaan,” ucap Kepala Binda Kaltim Brigjen TNI Danny Koswara melalui Kabag Ops Kolonel Inf Mat Jayus saat dikonfirmasi.

Menurutnya, tak semua warga di perbatasan mengetahui lokasi vaksinasi di tengah kota. Untuk itu vaksinasi door to door yang digelar ini katanya, sangat memudahkan mereka. “Utamanya bagi yang berusia lanjut. Mereka tentu kesulitan ke lokasi vaksinasi yang jauh. Bisa dilihat antusias mereka begitu besar,” katanya.

Bahkan, ada warga penyandang disabilitas yang tak ketinggalan mengikuti vaksinasi. Dia kesulitan berjalan untuk mengantre dan vaksin, sehingga harus dipapah Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bertugas.

BACA JUGA :  Edisi 16 Agustus 2022 : Tidak Dapat Jatah Pertalite-Solar

Mat Jayus menjelaskan, vaksinasi harus tercapai merata pada semua lapisan masyarakat dan area. “Untuk daerah pedalaman banyak yang belum divaksin karena kesulitan menjangkau tempat-tempat vaksinasi. Bisa terkendala transportasi, atau juga tidak tahu aksesnya. Itu yang harus dipikirkan. Jadi memang kita yang harus aktif menjemput bola,” tuturnya.

Ia memastikan, Binda Kaltim tetap konsisten menggelar vaksinasi hingga pada wialayah sulit dijangkau, selagi bisa. “Tujuan kita jelas. Kekebalan kelompok bisa didapatkan merata,” pungkasnya. (rls/santo)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img