spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

UMKM Perlu Perhatian Serius, Mampu Bertahan dari Hantaman Pandemi

SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ali Hamdi menilai geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Dengan begitu, bisa menjadi penopang utama perekonomian daerah, sekaligus menunjang kemajuan sektor pariwisata. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga saat ini.

Ali Hamdi mengatakan, di saat pandemi seperti sekarang,  kita perlu mendorong semua pihak terutama dinas terkait untuk semakin mengembangkan UMKM. Misalnya, dengan mempermudah pengurusan izin, juga memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia hingga bantuan modal dan promosi.

Selain itu, lanjut Ali Hamdi, perlu juga pendampingan untuk mengetahui potensi usaha yang dapat dikembangkan masyarakat, agar tepat sasaran hingga mampu mendatangkan keuntungan dan menarik masyarakat luar daerah untuk berinvestasi. “Atas dasar itu, kami menilai sektor UMKM merupakan salah satu solusi untuk memulihkan perekonomian masyarakat,” kata politisi PKS ini.

Ia mengatakan, penyelamatan sektor UMKM lebih berfokus pada usaha yang memproduksi barang atau pengolahan. Untuk UMKM di pariwisata yang banyak bergerak di bidang jasa, dia menilai hal ini akan sangat bergantung pada kebijakan pemerintah, termasuk ketentuan apakah destinasi wisata akan dibuka atau tidak.

“Jika yang ditawarkan jasa, tentu akan sangat bergantung pada kebijakan pemerintah dan bagaimana protokol kesehatan dapat tetap berjalan sehingga bisnis pariwisata dapat berjalan dengan kepercayaan diri,” katanya.

Menurutnya, tak semua jenis usaha berskala mikro, kecil dan menengah terdampak berat selama pandemi. Untuk UMKM kuliner misalnya, dia menyebutkan masih terdapat tren pertumbuhan penjualan, terutama pada segmen penjualan secara daring. “Disaat pemberlakuan PPKM, maka mau tidak mau masyarakat akan cenderung berbelanja terutama makanan dengan sistem daring,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img