spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tuntut Pemilu Damai, Aliansi Mahasiswa Kukar Gelar Aksi Damai

TENGGARONG – Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Satuan Intelkam, melakukan pengamanan aksi damai yang dilakukan Aliansi Mahasiswa Kutai Kartanegara. Yakni area Taman Kota Raja, Tenggarong, pada Kamis (21/12/2023), sekitar pukul 16.00 WITA.

Total sebanyak 15 mahasiswa melakukan orasi, menyampaikan sejumlah tuntutan terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. “Bahwa hari kami menuntut Pemilu 2024, harus berjalan dengan damai,” ungkap Korlap Aliansi Mahasiswa Kutai Kartanegara, Akhmad Fikri Zakaria.

Tak hanya itu, Aliansi Mahasiswa Kutai Kartanegara pun meminta seluruh elemen bisa ikut andil dalam melakukan pengawasan dalam tahapan Pemilu 2024. Yakni dengan mendukung tugas TNI-Polri, KPU dan Bawaslu untuk menjaga jalannya tahapan Pemilu 2024.

Tidak hanya melakukan aksi dan orasi di area Taman Kota Raja Tenggarong. Aliansi Mahasiswa Kutai Kartanegara pun kembali melakukan aksinya di Simpang 3 DPRD Kukar. Yakni dengan membagikan sejumlah brosur yang berisi ajakan mengawal pemilu yang bebas dari hoaks, politik uang dan provokasi yang mengarah ke mencederai jalannya pesta demokrasi 5 tahunan ini. Termasuk kampanye negatif.

Fikri pun menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjaga netralitasnya selama tahapan Pemilu berjalan. Yakni tidak adanya keberpihakan terhadap calon maupun partai politik (parpol).

Peserta aksi pun melanjutkan pembagian brosur di Simpang 3 Pelabuhan Penyeberangan Pulau Kumala. Selanjutnya membubarkan diri pada pukul 17.30 Wita.

“Dengan adanya kegiatan kami ini, menjadi langkah awal hidupnya pergerakan mahasiswa di Kabupaten Kutai Kartanegara dan nantinya akan ada lagi aksi selanjutnya dengan jumlah massa yang lebih banyak lagi,” tutup Fikri.

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img