spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tunjang Sektor Pertanian, Ketua Komisi II DPRD Kukar Serahkan Alsintan di Desa Muhuran

TENGGARONG – DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Sopan Sopian, segera menyalurkan dana aspirasinya kepada petani Desa Muhuran, Kecamatan Kota Bangun. Dalam rencana legislator itu, akan ada sejumlah bantuan untuk petani setempat berupa alat dan mesin pertanian (alsintan).

Sopan menjelaskan sejumlah alsintan yang akan disediakan untuk kelompok pertanian di Desa Muhuran, nanti akan memiliki berbagai jenis atau kegunaan. Dari sejumlah peralatan itu, antaran lain combine harvest atau mesin pemanen padi. Ditambah bantuan berupa pompa air dan penggiling padi berkapasitas besar.

“Bantuan ini kami coba sediakan agar mampu meningkatkan usaha tani di wilayah desa itu,”  kata Sopan.

Legislator Fraksi Parta Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu kemudian mengungkap selama ini Desa Muhuran diketahui adalah salah satu wilayah pertanian potensial. Dalam kurun satu tahun desa mampu menghasilkan puluhan ton beras dari padi sawah.

Namun selama ini kelompok tani di desa tersebut memiliki sejumlah kendala dalam usahanya. Antara kendala itu banyaknya  yang digunakan telah rusak karena termakan usia, menyebabkan saat musim tanam dan panen tiba akan menghambat usaha petani.

BACA JUGA :  DPRD Kukar-Kejari Teken MoU Kerja Sama Perdata dan Tata Usaha Negara

“Kami melihat di lapangan kebutuhan peralatan  itu kebanyakan adalah mesin panen,” ungkapnya.

Oleh sebab itu kata pria tersebut ia berjanji melalui Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) 2024, dia akan menganggarkan sejumlah peralatan pertanian. Bukan hanya melalui aspirasi pribadi saja kata pria tersebut, ia turut berencana akan berkoordinasi dengan anggota DPRD Provinsi Kaltim dan DPRD RI untuk menyediakan Alsintan bagi petani.

“Kita akan juga berkoordinasi dengan dinas pertanian kabupaten untuk menyesuaikan kebutuhan petani di daerah itu,” pungkasnya. (adv)

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img