spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tumbuhkan Budaya Membaca, DPKD Kaltim Gelar Sharing Session Mendongeng

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kegiatan Sharing Session Mendongeng di Aula Serbaguna Gedung DPKD Kaltim, Jalan Ir H Juanda  Selasa (5/9/2023) kemarin.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) DPKD Kaltim, Taufik, menjelaskan kegiatan Workshop Sharing Session Mendongeng, adalah upaya DPKD Kaltim menumbuh kembangkan budaya membaca melalui mendongeng.

“Karena dengan mendongeng akan membentuk karakter seperti sikap kritis, cinta tanah air dan sikap peduli akan sesama,” ungkap Taufik saat ditemui Mediakaltim.com

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pendongen dari 10 Kabupaten/ Kota yang ada di Kaltim. “Kegiatan mendongeng tahun ini mendatangkan pendongeng dan trainer dari Yayasan Rumah Dongeng Nusantara  Makasar, Puguh Herumawan ST atau biasa dipanggil Kak Heru,” ujarnya.

Melihat pentingnya kegiatan mendongeng ini, sambungnya, DPKD akan menjadikan Sharing Session Mendongeng sebagai agenda rutin.

“Kegiatan workshop seperti ini, kita akan agendakan setiap tahun. Karena kita ke depannya  juga akan gelar lomba dongeng di tingkat Kaltim,” jelasnya.

BACA JUGA :  DPKD Kaltim dan Kaltara Saling Perkuat Kerjasama Peningkatan Layanan dan Informasi

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DPKD Muhammad Syafranuddin menyoroti peran penting mendongeng sebagai budaya literasi yang mulai luntur di kehidupan keluarga. Oleh sebab itu, dia  menyatakan budaya mendongeng harus dibangkitkan kembali. (adv)

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img