spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TMMD di Kubar Mendukung Percepatan Pembangunan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

KUTAI BARAT – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang diwakili oleh Wakil Bupati Kutai Barat H Edyanto Arkan membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wiltas ke-119 di Kabupaten Kutai Barat Tahun 2024 pada Selasa (20/2/2024).

Edyanto didaulat menjadi Inspektur Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Makodim 0912 Kutai Barat, Jalan Gakah Mada Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

Kegiatan upacara ini juga turut dihadiri langsung oleh Dandim 0912, Letkol Czi Eko Handoyo, Kapolres Kutai Barat , AKBP Kade Budiyarta, anggota TNI-Porli, jajaran Forkopimda lainnya.

Wakil bupati Kubar H.Edyanto Arkan mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) dan TNI memiliki kesamaan tujuan yakni mempercepat pelaksanaan pembangunan dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Begitu juga TMMD yang bertujuan mempererat TNI dan masyarakat. Memahami penting dan strategisnya tujuan TMMD ini,” terang Wabup Edyanto Arkan dalam sambutanya.

Melalui program TMMD, Edyanto berharap kekompakan dan sinergitas antara TNI dan masyarakat  senantiasa terjalin erat meskipun nantinya program ini telah selesai dilaksanakan.

BACA JUGA :  Pasiter Kodim 0912/Kubar dan Rombongan Kunjungi Rumah Warga untuk Jalin Silaturahmi dan Keakraban

“Saya menaruh harapan, keharmonisan kebersamaan dan kemanunggal TNI dengan masyarakat menjadi satu pilar tegaknya NKRI,” ujarnya.

Menurutnya, nilai-nilai itulah yang membantu bangsa Indonesia dalam mengatasi berbagai masalah yang saat ini. Seperti kemiskinan, pengangguran, sumber daya manusia dan lain sebagainya.

Dibeberkan, pelaksanaan program TMMD terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik, seperti semenisasi. Sedangkan non fisik, berupa penyuluhan Bela Negara, hahaya narkoba, anti terorisme, penyuluhan kesehatan ,penyuluhan lingkungan hidup, pelayanan administrasi dan lain sebagainya.

Selepas upacara pembukaan TMMD dilanjutkan foto bersama Wabup Edyanto Arkan bersama forkofimda Kubar. (foto ichal media kaltim)

Oleh karena itu, kata Edyanto, program ini menjadi penting bagi Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Maka kali ini, Pemkab Kutai Barat mengalokasikan sejumlah dana untuk menunjang kegiatan ini.

“Sekali lagi sekiranya program ini dapat memberikan manfaat yang secara langsung kepada masyarakat dan tidak lupa kepada aparatur Kecamatan dan kampung. Saya harapkan juga warga Kelian dan Tepulang untuk mendukung penuh pelaksanaan program ini, sehingga berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dari tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024,” papar Edyanto.

BACA JUGA :  Angka Kemiskinan Ekstrem di Kubar Terus Menurun

Hal lainnya yang termasuk kegiatan non fisik adalah kampanye rekrutmen TNI. “Besar harapan saya bahwa ke depannya akan semakin terbuka kesempatan bagi putra-putri Kutai Barat untuk dapat menjadi prajurit TNI melalui pendidikan hingga berkesempatan pula masuk dalam tingkatan Akademi Militer ke depannya. Menyambut IKN ini juga sebagai peluang bagi masyarakat Kutai Barat,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga mengapresiasi kinerja TNI di Kutai Barat yang telah berpartisipasi menjaga keamanan ketertiban dan kedamaian bersama Polri, Satpol PP, Sat linmas dalam Pemilu 2024 ini. Tentunya dedikasi dan loyalitas yang diberikan dapat membawa suksesnya pembangunan berkelanjutan di Kutai Barat pada khususnya.

“Saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga pelaksanaan TMMD ke-119 tahun 2024 ini berjalan dengan sukses dan lancar dengan partisipasi masyarakat yang sangat besar sehingga pelaksanaan TMMD berhasil dengan baik dan sukses sesuai dengan target yang telah ditentukan,” tutup Wabup.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img