spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Titik Nol IKN Ditutup, Pembangunan Proyek Dimulai

PENAJAM– Kawasan Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) ditutup untuk umum. Penutupan sebagai persiapan pembangunan fisik di wilayah tersebut.

Mulai tanggal 15 Juli 2022, masyarakat yang biasanya datang untuk berwisata, dilarang masuk hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) PPU, Andi Israwati Latief mengatakan, kewenangan terkait lokasi titik nol IKN ada di pemerintah pusat. Dijelaskannya, penutupan berkaitan dengan pelaksanaan persiapan pembangunan infrastruktur IKN di wilayah itu.

“Lagi pula Titik Nol IKN ini memang bukan objek wisata, tapi objek wisata buatan. Jadi kapan saja bisa ditutup oleh pemerintah yang berwenang,” kata Andi Israwati, Kamis (21/7/2022).

Kawasan titik nol IKN mulai ramai dikunjungi warga setelah Presiden Joko Widodo berkemah semalam di tempat tersebut bersama menteri dan puluhan gubernur pada pertengahan Maret 2022.

Sejak itu, kunjungan warga ke areal IKN terus naik bahkan sempat mencapai 3.000 orang per hari. Mayoritas warga yang datang menjadikan titik nol IKN sebagai spot swafoto favorit.

BACA JUGA :  IPA Babulu Resmi Beroperasi, Tahap Awal Layani 484 Sambungan Rumah

“Karena untuk persiapan pembangunan dan tujuannya agar pembangunan IKN dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun. Dari keramaian masyarakat yang berkunjung ke Titik Nol IKN, dan khawatir kendaraan bermuatan keluar masuk melintas ada risiko tinggi bagi pengunjung umum,” jelas Israwati.

Maka dari itu, pihaknya menilai kebijakan itu merupakan hal baik demi kepentingan bersama. Dia meyakini kunjungan ke Titik Nol IKN, telah cukup mempromosikan objek wisata yang ada di PPU.

“Kalau kami tidak masalah, kita serahkan ke pemerintah yang mengaturnya. Mungkin akan ada saatnya lagi dibuka. Kita tunggu saja,” pungkas dia. (sbk)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img