spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tinjau Persiapan Pelayanan di Mina, Menag Sebut Sudah 99 Persen

MINA – Menjelang puncak haji 1444 H, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau persiapan pelaksanaan ibadah haji di Mina, Saudi Arabia, Rabu (21/6/2023).

Dalam kunjungannya kali ini, Menag mengungkapkan bahwa persiapan keseluruhan pelaksanaan haji di Mina sudah mencapai 99 persen.

“Jadi hari ini saya ngecek kesiapan pelayanan haji di Mina, bersama Pak Duta Besar, Pak Konjen dari masyariq kita sudah cek kesiapannya Alhamdulillah ada perbaikan di sini,” terang Menag dalam keterangan persnya, Rabu (21/6/2023).

Dikatakan, salah satu fasilitas yang terpenting dalam pelaksanaan haji adalah ketersediaan toilet. Menurutnya, kondisi dan jumlah toilet yang ada sudah bisa dikatakan layak.
“Salah satu yang paling penting toilet, saat ini jumlah toilet per maktabnya sudah ditambah 28 dan ini akan memperpendek antrian jemaah. Tempat wudhu juga sudah baik. Tinggal bagaimana panduan pemakaiannya saja kepada para jemaah nanti,” lanjutnya.

Menag meyakinkan bahwa fasilitas untuk penyandang disabilitas sudah disediakan untuk mempermudah dan mempelancar akses mobilitas jemaah serta menambah kenyamanan jemaah dalam menunaikan ibadah terutama di Mina.

BACA JUGA :  Istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi Jadi Tersangka Pembunuhan Yoshua

Fasilitas ini, kata Menag, sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan seperti lantai keramik pada tenda yang dapat membantu menurunkan temperatur, air di toilet yang tidak panas, klinik, fasilitas dapur dan makanan hingga mobil golf yang dapat membantu mempermudah jemaah lansia.

”Kita berharap satu dua hari ke depan semua sudah selesai. Tadi saya minta juga angin-angin ini di blower ini diatur supaya tidak menghadap ke bawah. Karena tahun lalu banyak jemaah kita tidak nyaman masuk angin karena blowernya mengarah ke bawah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menag mengatakan bahwa jemaah tidak perlu khawatir untuk layanan konsumsi. Menurutnya, jemaah tidak perlu antri dan tidak perlu ke dapur. Sebab, makanan akan diantarkan hingga ke maktab jemaah.

Terkahir Menag mengimbau jemaah untuk tetap menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel, agar tetap sehat hingga puncak pelaksanaan ibadah haji pada 9 Zulhijjah 1444 H. (cha)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img