spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Sinergitas, Kadinkes Buka Acara Workshop Jejaring P2PTM Kaltim

PALEMBANG – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Jaya Muallimin, Kamis  (7/12/2023), membuka acara Workshop Jejaring Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Kaltim, di Hotel The Zuri, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Jaya Muallimin menjelaskan, dipilihnya Provinsi Sumatera Selatan, karena sebagai lokasi Pembinaan Wilayah (Binwil) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) dalam Sinergitas Pusat dan Daerah dalam Transformasi Pelayanan Kesehatan.

Sehari sebelumnya, yaitu tanggal 6 Desember 2023, peserta workshop yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan melakukan kunjungan dan dialog langsung dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dan salah satu mitra strategis Dinas Kesehatan, yaitu Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Selatan.

Jauhar Efendi, selaku peserta workshop utusan dari YJI Kaltim, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prakarsa Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim beserta jajarannya untuk menyelenggarakan workshop jejaring P2PTM, karena banyak pelajaran yang dipetik ketika mengikuti best  practice ke Dinas Kesehatan dan mitra strategis di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Ika Gladies, menyampaikan, bahwa workshop ini diikuti oleh 42 peserta. Mereka berasal dari lingkungan Dinas Kesehatan, organisasi profesi mitra Dinas Kesehatan, seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), PAEI (Persatuan Ahli Epidemi Indonesia), PERSAKMI (Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia), dan IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia).

BACA JUGA :  Riza Indra Riadi Ditunjuk Sebagai Plt Sekprov Kaltim

Lebih lanjut, Ika menambahkan, selain Organisasi Profesi, juga diikuti mitra strategis dari LSM yang peduli terhadap kesehatan. Yaitu Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Persatuan Pemberantasan Tuberkolosis Indonesia (PPTI), Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA).

Turut hadir dari Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman dan Rumah Sakit Mata Provinsi Kaltim, serta 6 orang utusan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara dan 6 utusan Puskesmas di lingkungan Pemkab Kukar.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Setyo Budi Basuki, selaku penanggungjawab kegiatan, mengatakan, bahwa pada tingkat global, 70 persen penyebab kematian di dunia adalah akibat penyakit tidak menular, seperti kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Karena itu, lanjut Basuki, kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para jejaring P2PTM serta berinteraksi dan kolaborasi dalam program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular serta mendapatkan pembelajaran yang baik dari Provinsi Sumatera Selatan.

Usai dibuka oleh Kadinkes Kaltim, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan diskusi panel dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, YJI Kaltim, YKI Kaltim, FK Unmul, dan PAEI Kaltim. (rls)

BACA JUGA :  Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan, Ubah Metode Pengajaran yang Berpusat pada Siswa

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img