spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Kapasitas Wartawan, Dispora Kukar Gelar Pelatihan Jurnalistik dan UKW

TENGGARONG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan jurnalistik keolahragaan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama tiga hari. Sejak tanggal 13-15 November 2023, di Ballroom Hotel Grand Fatma Tenggarong. Diikuti oleh puluhan wartawan yang berasal dari Kalimantan Timur (Kaltim).

Dispora Kukar sendiri, menggaet pihak ketiga yang berasal dari Jakarta. Yakni menggandeng Pusdiklat Tribhuwana untuk pelatihan jurnalistik keolahragaan. Sebanyak dua narasumber yang dihadirkan, yang nantinya akan membahas teknik pemberitaan tentang olahraga.

“Mudahan lah dengan adanya pelatihan, para jurnalis ibaratnya bisa memanfaatkan ilmu yang digunakan untuk keseharian dalam menulis berita,” ujar Kasi Peningkatan Organisasi Olahraga Dispora Kukar, Beni Ariandi, Selasa (14/11/2023).

Sementara untuk UKW sendiri, melibatkan dua organisasi besar wartawan Indonesia. Yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kukar dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kaltim. Dengan total peserta sebanyak 53 wartawan dari Kaltim.

Ketua PWI Kukar, Bambang Irawan, pun mengapresiasi dan menyambut baik pelatihan jurnalistik keolahragaan dan UKW yang digelar oleh Dispora Kukar, melalui aspirasi Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono.

BACA JUGA :  KALEIDOSKOP CAPAIAN PEMKAB KUKAR 2023 - MEI (5)

Tentunya dengan adanya pelatihan dan UKW ini, membuat wartawan di Kukar memiliki kompetensi. Karena dalam bekerja, wartawan merupakan profesi yang harus memiliki kompetensi. “Kami harap semua dapat sertifikasi kompetensi, jadi ketika liputan tidak ada lagi wartawan yang belum kompeten,” kata Bambang.

Namun ia pun berharap kerjasama antara PWI Kukar dan Dispora Kukar bisa terus berlanjut. Tidak hanya sebatas sertifikasi dan peningkatan kapasitas saja, namun seluruh kegiatan yang bersifat kewartawanan.

Diketahui, total 53 peserta yang mengikuti UKW. Masing-masing 36 wartawan dari PWI Kukar, yang terbagi dalam 24 wartawan kelas Muda, 6 wartawan kelas Madya dan 6 wartawan kelas Utama. Sementara dari IJTI Kaltim mengikuti 17 wartawan. (adv)

Penulis : Muhammad┬áRafi’i

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img