spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Timsel Calon Anggota Bawaslu Kaltim Serahkan Hasil 4 Besar ke Bawaslu RI, Jadwal FPT Belum Ditentukan

SAMARINDA – Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Kalimantan Timur (Kaltim) telah menyelesaikan proses seleksi calon anggota Bawaslu Kaltim. Hasil dari seleksi tersebut kemudian disampaikan kepada Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI).

Ketua Timsel, Saipul, mengatakan bahwa rombongan tim seleksi ditemui oleh Anggota Bawaslu RI, Puadi pada 19 Juni 2023. Dalam pertemuan tersebut, Saipul mengungkapkan bahwa tim seleksi telah melaporkan hasil seleksi Calon Anggota Bawaslu Kaltim yang telah dilakukan oleh tim seleksi sejak Maret 2023 atau berlangsung selama 3 bulan.

Dengan demikian, secara administratif, kata dia, tim seleksi telah melaporkan hasil seleksi hingga terpilihlah empat besar calon anggota Bawaslu Kaltim.

Selanjutnya, Bawaslu RI akan menjadwalkan fit and proper test bagi keempat calon anggota Bawaslu Kaltim yang telah masuk empat besar. Dari keempat calon tersebut, akan dipilih dua orang yang akan menjadi anggota Bawaslu Kaltim.

“Proses seleksi ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, sehingga jadwal fit and proper test (FPT) masih menunggu dari Bawaslu RI. Berdasarkan timeline yang telah ditentukan, tahap fit and proper test akan berlangsung mulai dari tanggal 26 Juni hingga 21 Juli,” ungkap Saipul, Rabu (21/6). “Kalau untuk jadwal Kaltim, masih menunggu dari Bawaslu RI,” sambungnya.

Seperti diketahui, empat calon anggota Bawaslu Kaltim berhasil lolos seleksi wawancara dan tes kesehatan. Mereka adalah Siti Akhlis Muafin, Danny Bunga, Rudiansyah, dan Daini Rahmat.

Para calon tersebut diketahui memiliki latar belakang di bidang penyelenggara pemilu, baik di Bawaslu maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU). Siti Akhlis Muafin saat ini menjabat sebagai Anggota Bawaslu Kutai Timur (Kutim), menjadi satu-satunya perempuan yang terpilih. Rudiansyah memiliki pengalaman sebagai Ketua KPU Kaltim selama dua periode. Daini Rahmat saat ini menjabat sebagai Anggota Bawaslu Samarinda, sementara Danny Bunga pernah bertugas sebagai anggota Panitia Pengawas Kecamatan di Kota Samarinda dan saat ini menjadi koordinator penghubung Komisi Yudisial Kaltim.

Fit and proper test (FPT) merupakan tahapan terakhir dalam proses seleksi untuk menentukan dua orang yang akan menjadi anggota Bawaslu Kaltim periode 2023-2028.

Mereka ini akan melengkapi komposisi 5 Anggota Bawaslu Kaltim, karena saat ini sudah ada 3 anggota Bawaslu Kaltim periode 2022-2027. Yakni Hari Dermanto, Galeh Akbar Tanjung dan Wamustofa Hamzah. (MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img