spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tim Merah dan Putih Ekspedisi Maritim 2023 Tiba di Balikpapan

BALIKPAPAN – Tim Ekspedisi Maritim 2023 TNI AL akhirnya tiba di Kota Balikpapan pada Sabtu (10/9/2023) setelah menempuh perjalanan lebih kurang 6 hari atau sejak 4 hingga 10 September 2023. Tim Ekspedisi Maritim 2023 ini terdiri atas dua tim, yakni Tim Merah dan Tim Putih.

Aspotmar Koarmada RI, Laksamana Pertama TNI Imam Teguh Santoso mengatakan, untuk Tim Merah berangkat dari Tarakan ke Balikpapan. Sedangkan Tim Putih berangkat dari Pontianak ke Balikpapan.

“Ekspedisi Maritim 2023 ini adalah perjalanan dari TNI Angkatan Laut (AL) bersama dengan seluruh komponen masyarakat melalui dua rute. Rute Putih dari Pontianak menuju Balikpapan, kemudian rute Merah dari Tarakan menuju Balikpapan,” ujarnya.

Lebih lanjut Imam Teguh Santoso menjelaskan, kegiatan ini untuk menggali sejarah perjuangan bangsa Indonesiansampai pada sekarang ini. Khususnya tentang kemaritiman di Kalimantan.

“Ini dimaksudkan untuk membuat semangat bagi para generasi muda, khususnya di wilayah Kalimantan, baik dari Barat, Selatan, Timur dan Utara dan seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Ekspedisi Maritim 2023 dinilai sangat penting bagi generasi Z yang penuh dengan informasi. Sehingga generasi ini harus mempunyai semangat perjuangan seperti nenek moyang untuk menjaga keutuhan NKRI.

BACA JUGA :  Si Jago Merah Membara Dini Hari di Gunung Sari Balikpapan

Untuk kegiatan di Balikpapan, baik Tim Merah dan Putih langsung melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove di pantai Lamaru dan mengadakan pengobatan geratis bagi masyarakat sekitar.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img