spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tim Ekspedisi Maritim 2023 Singgah di Kutim, Kebersamaan Cinta Tanah Air

KONGBENG – Wakil Bupati Kutai Timur (Wabup Kutim) Kasmidi Bulang didampingi oleh Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, dengan penuh bangga menyambut Ketua Tim Merah Ekspedisi Maritim 2023, yaitu Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kolonel Martua Felix Pakpahan.

Mereka berkumpul di perbatasan antara Kabupaten Kutim dan Berau, di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Kongbeng, pada Kamis (7/9/2023).

Masyarakat Kutim pun memiliki alasan yang kuat untuk berbangga, karena daerah mereka terpilih menjadi bagian dari jalur Ekspedisi Maritim 2023, yang merupakan bagian dari perayaan HUT ke-78 TNI-AL.

Sebagai tambahan, Kasmidi juga menyatakan bahwa kegiatan TNI-AL biasanya dilakukan di laut atau di atas KRI (Kapal Republik Indonesia), seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, perayaan tahun ini sangat berbeda karena dilaksanakan di darat dengan menempuh perjalanan darat yang cukup jauh.

Pemkab Kutim sangat mendukung kegiatan ini yang bertujuan menanamkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan semangat bela negara.

“Terima kasih kepada TNI-AL Sangatta yang telah melibatkan masyarakat Kutim dalam penyelenggaraan ekspedisi Maritim 2023 ini. Terima kasih kepada komunitas mobil dan motor, teman-teman bikers yang juga mendukung kegiatan ini. Mari semua kita dukung penuh agar pelaksanaan ekspedisi Maritim 2023 berjalan aman dan lancar,” jelasnya.

BACA JUGA :  Gandeng KPK, Pemkab Kutim Komitmen Tanggulangi Bahaya KorupsiĀ 

Pada Ekspedisi Maritim 2023 dilaksanakan penyerahan bantuan sosial berupa ratusan paket sembako kepada masyarakat Desa Makmur Jaya.

Sementara itu, Kolonel Marinir Felix Pakpahan yang membacakan sambutan Komandan Lantamal XIII,Laksamana Pertama(TNI) Deni Herman mengatakan bahwa Ekspedisi Maritim 2023 ini adalah rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI-AL.

“Ekspedisi Maritim 2023 ini berkaitan erat dengan tugas TNI-AL dalam pemberdayaan pertahanan wilayah laut, serta mendukung visi pemerintah pusat menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Pesan mulia ini akan dikumandangkan di sepanjang rute yang akan dilintasi, tim merah berangkat dari Tarakan menuju IKN Nusantara. Demikian pula tim putih dari Pontianak menuju IKN Nusantara. Jadi titik simpulnya di IKN,” jelas Felix.

Kolonel Felix menambahkan bahwa titik simpul di IKN Nusantara adalah simbol dukungan penuh TNI-AL atas kebijakan pemerintah membangun ibu kota baru.

“Pembangunan ibu kota baru ini, jangan sampai meninggalkan pondasi visi kebangsaan kita (Indonesia) sebagai negara kepulauan dan maritim dunia,” jelasnya.

Sebelumnya Komandan Lanal Sangatta, Letkol Laut (P) Shodikin menjelaskan ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama Ekspedisi Maritim 2023 ini yakni bakti sosial, pembinaan ketahanan wilayah (bintahwil), pembinaan komunikasi sosial dengan masyarakat dan panggung prajurit.

BACA JUGA :  Nyelama Sakai di Mubes IV LADKT-KT dan KDK, Perkuat Sinergitas

“Pembagian bansos ini adalah bukti nyata kepedulian TNI -AL untuk berbagi khususnya Lanal Sangatta kepada warga di Desa Makmur Jaya dan sekitarnya. Rute selanjutnya akan ke Sangatta. Besok Jumat (8/9/2023) di Kampung Bahari Rawa Gabus ada beberapa kegiatan dan puncaknya dilaksanakan di IKN Nusantara pada Minggu (10/9/2023),” jelas Letkol Shodikin.

Pewarta : Irfan Aditama
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img