spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tiga Pelajar Paser Raih Juara Lomba Resensi Buku se-Kaltim

SAMARINDA – Masyarakat Paser boleh berbangga karena tiga siswa dari SMA di Kabupaten Paser meraih juara dalam Lomba Resensi Buku Tingkat Siswa SMA, SMK, dan MI Negeri dan Swasta se-Kaltim yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim.

Meskipun tidak meraih juara pertama, ketiga perwakilan dari Paser telah mengharumkan nama daerah mereka di tingkat provinsi Kaltim. Ketiganya meraih juara 3, Juara Harapan 1, dan Juara Harapan 3. Mereka adalah Mochammad Latief dari SMAN 01 Tanah Grogot Kabupaten Paser yang meraih Juara 3, M. Rayhan Akbar Wahyudi dari MAN IC Paser yang meraih Juara Harapan 1, serta Rasyael Yukiko AlFahara dari SMAN 1 Long Kali Kabupaten Paser yang meraih Juara Harapan 3.

Ketiga siswa ini dijadwalkan akan kembali ke Samarinda pada 19 September 2023 untuk menerima penghargaan dari DPKD Kaltim.

Mochammad Latief, saat diwawancara mediakaltim.com, menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih. “Sebagai pelajar dari Kabupaten Paser, saya sangat bangga, senang, dan bahkan tidak bisa menggambarkan perasaan saya,” ujar siswa kelas 11 ini.

Latief juga berharap agar Lomba Resensi Buku ini terus dikembangkan agar dapat meningkatkan budaya membaca di kalangan pelajar. “Semoga pemerintah terus meningkatkan dan mengadakan lomba seperti ini, sehingga semakin banyak generasi pelajar yang tertarik untuk melakukan resensi buku,” harapnya.

Pada awal pendaftaran Lomba Resensi Buku oleh DPKD Kaltim pada bulan Agustus lalu, calon peserta diwajibkan menulis resensi buku dengan tema “Visi 2030 Kaltim Hijau yang Berkeadilan dan Berkelanjutan,” yang ditulis oleh salah satu penulis, termasuk mantan Gubernur Kaltim, Awang Faruk Ishak.

Sebanyak 65 peserta mendaftar, kemudian karya resensi buku peserta tersebut diseleksi menjadi 6 peserta, dan 3 dari 6 peserta tersebut berasal dari Kabupaten Paser, yang membuat Kabupaten Paser menjadi penyumbang peserta terbanyak di antara Kabupaten dan Kota lainnya.

Keenam peserta kemudian mempresentasikan hasil resensi bukunya langsung di hadapan juri pada Jumat (8/9/2023) lalu. Pengumuman para pemenang dilakukan pada hari berikutnya. (ADV)

Pewarta: Hanafi
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img