spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terminal dan Penyedia Bus Masih Sepi, Peningkatan Penumpang Bisa di H-3 Lebaran

BONTANG – Menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H (Lebaran), keadaan terminal dan penyedia layanan bus antar kota masih terbilang sepi. Hal ini terlihat pada Sabtu (8/4/2023) di terminal Kilometer 6 dan penyedia bus PO Samarinda Lestari.

Pengaman aset terminal Kilometer 6, Agus Subagio mengatakan bahwa sampai saat ini keadaan terminal masih sepi penumpang dan tidak jauh berbeda dengan hari-hari normal. Ia juga menyatakan kemungkinan akan terjadi lonjakan penumpang pada hari sebelum hari raya Idul Fitri, namun jumlahnya tidak banyak.

“Hanya hari-hari tertentu saja, misalnya hari Sabtu atau Minggu. Itu pun penumpang mahasiswa yang ingin ke Samarinda,” ujar Agus Subagio pada Sabtu (8/4/2023).

Untuk arus mudik, Agus tidak bisa memastikan kapan akan terjadi peningkatan penumpang. “Kita lihat ke depannya. Kalau tahun lalu masih ada penumpang, dengan jumlah sekitar 30 orang per bus. Peningkatan penumpang bisa terjadi seminggu sebelum Lebaran,” tambahnya.

Staf operator terminal Kilometer 6, Tajuddin, mengatakan bahwa setiap harinya hanya dapat memberangkatkan 2 hingga 3 bus saja, tergantung pada jumlah penumpang. “Kalau banyak penumpang, maka banyak bus yang berangkat,” katanya.

BACA JUGA :  Dishub Bontang Diminta Tertibkan Parkir Liar, Dikhawatirkan Merusak Manhole di Trotoar

Sopir bis PT Arafat Jaya Kaltim, Ahmad, juga mengatakan hal yang sama, yaitu saat ini jumlah penumpang masih terbilang sepi. Ia hanya bisa menunggu penumpang yang saat ini tidak menentu.

“Tidak tentu penumpangnya. Kemarin saja hanya ada 10 penumpang dari Samarinda. Kalau dari Bontang kadang 12 sampai 15 penumpang. Tidak tahu kalau mendekati Lebaran nanti,” ungkapnya.

Ahmad juga menyatakan bahwa peningkatan penumpang bisa terjadi pada H-2 Lebaran, namun jumlahnya tidak signifikan.

Sementara itu, staf penyedia layanan bus PO Samarinda Lestari, Tasya, mengungkapkan bahwa peningkatan penumpang pada armadanya bisa terjadi pada H-3 sebelum Lebaran.

“Biasanya 3 hari atau 2 hari sebelum Lebaran. Hari H juga ramai, tapi tidak sebanyak sebelum Lebaran,” kata Tasya saat ditemui Mediakaltim.com.

Tasya mengatakan bahwa setiap harinya bisa memberangkatkan 2 bus pada armadanya dengan kapasitas 40 penumpang per bus.“Bisa berangkat dua bus. Paling banyak tiga bus sebelum lebaran saat ramai. Ramainya ini tanggal 18-19 April nanti,” katanya. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img