spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terima Kunker Komisi IX DPR RI, Wagub Bahas Pembangunan, Kesehatan, dan Tantangan Kependudukan di Kaltara

TARAKAN – Gubernur (Wagub) Dr. Yansen TP, M.Si., menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Komisi IX yang bertugas dalam bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan kependudukan ini melaksanakan kunker selama 2 (dua) hari di Kaltara.

Rombongan yang diketuai oleh Dr. Hj. Kurniasih Mufidayati, M.Si., langsung melaksanakan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Balai Besar POM, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesian (PPNI), dan pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tarakan.

Pada kesempatan ini, terdapat beberapa hal yang disampaikan oleh Wagub Kaltara Yansen TP terkait dengan pembangunan di Kaltara yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Komisi IX.

Di bidang kesehatan, Pemprov Kaltara sedang mengupayakan berdirinya Program Studi Kedokteran di Universitas Borneo Tarakan (UBT) dengan harapan dapat memberi kesempatan putra-putri Kaltara untuk menempuh pendidikan kedokteran.

Tak hanya itu, Pemprov Kaltara juga selalu mendukung program terkait pencegahan stunting, baik itu sosialisasi dan pemberian gizi bagi anak-anak yang dilaksanakan di sekolah maupun posyandu.

“Kami mengapresiasi capaian Pemprov Kaltara baru-baru ini di bidang kesehatan dengan diraihnya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award tahun 2023,” ujar Wagub Yansen TP di ruang pertemuan Pemkot Tarakan, Rabu (4/10/2023).

Yansen TP juga menyebutkan salah satu inovasi kependudukan yang dimiliki oleh Pemprov Kaltara ialah SIPELANDUKILAT SMART, sebuah sistem yang dapat memudahkan masyarakat pedalaman dan perbatasan untuk memperoleh pelayanan administrasi kependudukan.

“Kami telah melaksanakan program peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi pencatatan sipil dan telah meningkatkan kualitas data melalui sinkronisasi data kependudukan,” lanjut Yansen TP.

Menutup sambutannya, Yansen berharap agenda kunker kali ini memberikan masukan dan rekomendasi yang berharga bagi Pemprov Kaltara dalam rangka peningkatan pembangunan.

“Harapan kami, kunjungan kerja ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan sinergitas antara Pemprov Kaltara dan DPR RI dalam rangka memajukan pembangunan di Kaltara,” kata Wagub, lalu menutup sambutan. (dkisp)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img