spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Teknis Belum Rampung, Program Rantang Kasih Mundur ke Awal Maret

BONTANG РProgram Rantang Kasih, paket makanan untuk lansia, harus tertunda hingga awal Maret mendatang. Tadinya, program ini diharapkan berjalan pada 14 Februari 2022, namun tertunda karena  terkendala kesiapan Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan penyusunan RAB.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Bahtiar Mabe mengatakan, Program Rantang Kasih di pastikan tidak dapat berjalan pada bulan ini, lantaran ada permasalahan yang perlu dibenahi terlebih dahulu.

“Pokmas yang ditunjuk masing-masing perlu dilatih terlebih dahulu, karena inikan program baru butuh penyesuaian,” ucapnya kepada awak media, Selasa (22/2/2022).

Pelatihan tersebut mulai dari kesiapan pendistribusian, pemilihan makanan, hingga administrasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang dilakukan selama dua hari terhitung tanggal 22-23 Februari 2022.

Selain itu, lanjut Bahtiar, perlu dibahas kembali, finalisasi RAB yang hingga kini masih proses perampungan. Pasalnya, saat diusulkan bentuk penyaluran Program Rantang Kasih menggunakan metode tender.

“Sebelumnya ‘kan tender, setelah kita studi banding ke Surabaya dan Banyuwangi, kita dapat skema baru yang bentuknya swakelola. Artinya perlu disusun kembali RAB-nya, dirincikan dan disesuaikan skema yang mau diterapkan,” bebernya.

BACA JUGA :  Gelar Penyuluhan Covid-19, Kodim Gandeng Dinkes Bontang

Akibat kedua masalah ini, pemberian asupan makanan bagi 88 lansia terhambat. “Tentu, memiliki banyak pertimbangan dalam menjalankan agar terlaksana dengan baik,” katanya.

Sementara terkait penetapan harga satuan, sudah disepakati senilai Rp 30 ribu. Oleh karenanya, dia yakin program tersebut bisa terlaksana awal Maret 2022.

“Anggarannya sudah siap senilai Rp 2 miliar. Kita tinggal pastikan secara teknis rampung dan mudah-mudahan bulan depan bisa berjalan,” pungkasnya. (ahr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img