spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tangis Haru Lepas Keberangkatan Jemaah Calhaj Kloter Pertama

TENGGARONG – Tangis haru mengiringi keberangkatan ratusan jemaah calon haji (calhaj) asal Kutai Kartanegara (Kukar) di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, Ahad (26/6/2022). Jemaah calhaj dilepas Bupati Kukar, Edi Damansyah pada pukul 13.30 WITA.

Total sebanyak 167 jemaah calhaj berangkat menuju Asrama Haji Batakan Batakan, sebelum diberangkatkan menuju ke Jeddah melalui Embarkasi Balikpapan. Dari Tenggarong sebanyak 140 jemaah calhaj berangkat menggunakan 3 bus. 27 jemaah calhaj lainnya dari Kecamatan Samboja, Muara Jawa, dan Sangasanga langsung berangkat ke Batakan. Mereka kemudian bergabung dengan jemaah calhaj lainnya.

“Ya kita berdoa bersama agar jemaah calhaj Kukar ini sejak diberangkatkan, dalam perjalanan sampai ke Tanah Suci dan kembali lagi dengan selamat,” ungkap Bupati Kukar, Edi Damansyah pada mediakaltim.com, Ahad (26/6/2022).

Edi juga meminta jemaah menjaga kondisi fisik selama menjalankan ibadah haji. Mengingat kondisi cuaca ekstrem di Arab Saudi pada pelaksanaan ibadah haji kali ini. Juga mengurangi aktivitas yang tidak perlu dan fokus melaksanakan ibadah saja. Karena kondisi cuaca disana diperkirakan mencapai 40-45 derajat celsius.

BACA JUGA :  Wonderful Kukar 2023: JKT48 Gebrak Tenggarong Seberang, Warga Diminta Dukung UMKM

Tangis haru terpancar dari para jemaah calhaj yang berangkat dan keluarga yang mengantar. Ratusan pengantar berurai air mata melihat satu per satu keluarganya berkesempatan berangkat haji tahun ini.

Seperti Lola, warga Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan, yang datang bersama 10 orang keluarga lainnya, untuk mengantar saudara laki-lakinya berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Dia mengatakan jika saudara laki-lakinya itu menggantikan orang tua mereka yang meninggal pada tahun 2021. “Sekalian meng-haji kan bapak di sana,” kata Lola.

BACA JUGA :  Beri Semangat Kontingen Berau di Lomba HKG PKK ke 51 Kaltim

Meski sedih mengantar saudara laki-lakinya berangkat haji, namun setidaknya niat orang tua mereka untuk berhaji tersampaikan. Walaupun melalui sang anak yang menggantikan.

Diketahui, Kukar mendapatkan jatah kuota haji sebanyak 241 orang. Terbagi dalam dua kali keberangkatan, yakni kloter 5 dan kloter 7. Untuk kloter 5 berangkat pada tanggal 26 Juni 2022, sedangkan kloter 7 akan berangkat pada tanggal 29 Juni 2022. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img