spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanggapi Independensi Kekuasaan Kehakiman, Prabowo Janji Perbaiki Kualitas Hidup dan Gaji Hakim

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan pihaknya akan memperbaiki kualitas hidup semua hakim di Indonesia apabila terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Prabowo saat debat capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Dia menanggapi pertanyaan panelis mengenai komitmen capres untuk menjaga independensi kekuasaan kehakiman.

“Semua pekerja di sekitar pengadilan dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya. Gajinya diperbaiki supaya mereka tidak dapat diintervensi, tidak dapat disogok, dan tidak dapat dikorup,” kata Prabowo dalam debat perdana yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Melalui peningkatan kualitas hidup, Prabowo memandang bahwa kebijakan tersebut bisa membawa pengaruh positif terhadap independensi lembaga kehakiman. Dengan begitu, menurutnya, hakim tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun.

Prabowo juga menegaskan, dirinya sangat setuju bahwa lembaga kehakiman atau lembaga yudikatif harus independen dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan lainnya.

Oleh sebab itu, Prabowo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memperkuat lembaga kehakiman apabila dirinya menerima mandat dari rakyat.

BACA JUGA :  Pemerintah Rombak Manajemen ASN dengan Sistem Merit

Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. (Ant/MK)

Oleh : Rizka Khaerunnisa
Editor : Alviansyah Pasaribu

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img