spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tangani Sampah di Sungai, DLHK Siapkan Dana Rp 170 Juta untuk Pengadaan Kapal

TANJUNG REDEB – Banyaknya sampah yang menumpuk di pinggir sungai Segah dan Kelay di daerah perkotaan membuat pemandangan menjadi tak elok. Rencananya kapal pengangkut sampah akan diadakan untuk membersihkan sungai tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Mustakim Suharjana. Saat ini masih dalam tahap lelang pengadaan barang tersebut. Diakui pihaknya mengusulkan dua unit tapi hanya disetujui satu unit saja.

Pengadaan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), nilainya sekitar Rp 170 juta. Sementara, untuk biaya pengoperasian kapal pengangkut sampah tersebut akan didukung dari APBD Perubahan 2023.

“Kami mengajukan dua unit tapi hanya satu saja yang dilelang. Mudah-mudahan sisanya bisa dianggarkan tahun depan,” ungkapnya.

Lanjutnya, memang untuk satu unit kapal saja tidak bisa mengakomodir sampah-sampah yang menumpuk di pinggir sungai. Namun, setidaknya dapat memudahkan petugas untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang kebersihan, khususnya di area sungai.

“Paling tidak idealnya ada 4 kapal pengangkut sampah agar penanganan dapat berjalan optimal,” bebernya.

BACA JUGA :  Bawaslu Berau Kekurangan Personel, Jalankan Tugas Mengawal Pemilu Serentak 2024

Nantinya sampah-sampah tersebut akan dibawa ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bujangga. Setelah sebelumnya dipilah sampah-sampah yang masih dapat diolah dan bernilai ekonomis. Sisanya yang tidak dapat didaur ulang akan dibawa ke TPA.

“Insya Allah SDM untuk membawa kapal itu juga sudah ada. Tinggal penyedia memberikan pelatihan pengoperasiannya saja. Jadi kalau kapal sudah datang bisa langsung beroperasi, sekitar bulan September mendatang,” sebutnya.

Mustakim berharap, dengan adanya kapal pengangkut sampah di sungai ini dapat membantu memaksimalkan penanganan sampah di Bumi Batiwakkal. (mnz)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img