spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tampilkan Keragaman, 45 Peserta Semarakkan Pawai Kirab Budaya HUT ke-24 Kutim

SANGATTA – Pawai Kirab Budaya dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berlangsung meriah. Kegiatan yang diikuti 45 peserta ini dilepas langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabub Kasmidi Bulang di Jalan Margo Santoso, Minggu (22/10/2023) pagi. Tampak hadir dalam pelepasan pawai yakni Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, perwakilan Disdikbud Provinsi Kaltim, Kadisdikbud Kutim Mulyono, Kepala BPMDes Kutim Yuriansyah, Direktur Utama Perumdam TTB Kutim Suparjan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah merasa bersyukur karena rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke-24 Kutim berjalan dengan baik di antaranya pertandingan olahraga sepak bola, bola voli dan lain-lain. Kemudian dilanjutkan kegiatan kirab budaya dan kegiatan Pekan Raya Expo HUT ke-24 Kutim.

“Mudah-mudahan dengan agenda-agenda ini mampu untuk memberikan kreativitas kepada kita semua dan memberikan peluang juga kepada masyarakat Kutim untuk terus berkreasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa kegiatan pawai kirab budaya ini dilaksanakan untuk menunjukkan keragaman budaya dari masyarakat Kabupaten Kutim.

BACA JUGA :  Simpan Sabu dan Senjata Api Aktif, Pemuda di Kutim Diringkus

“Alhamdulillah pada kirab budaya ini kita juga memperkenalkan Jingle Magic Land Kutim,”  ucapnya.

Sebelumnya, Kadisdikbud Kutim Mulyono menjelaskan bahwa pawai kirab budaya merupakan salah satu upaya untuk mendukung kemajuan kebudayaan sebagaimana amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Diharapkan dengan adanya kirab budaya ini tentunya akan terjalin kebersamaan dan silaturahmi di antara instansi Perangkat Daerah (PD), swasta, seniman, budayawan, serta tokoh-tokoh dan masyarakat adat. Begitu pula dengan paguyuban pada khususnya dan masyarakat Kutim pada umumnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kirab budaya tahun ini merupakan arak-arakan yang dikemas secara kreatif, atraktif, aspiratif dan juga kompetitif. Peserta yang tercatat sampai dengan saat ini adalah 45 regu yang terdiri dari PD 31 regu dan paguyuban 14 regu. Kegiatan ini juga didukung langsung oleh Polres Kutim, Satpol PP Kutim, Dinas Kesehatan Kutim, Dishub Kutim, Palang Merah Indonesia Kabupaten Kutim dan PT Bank Danamon sebagai lokasi panggung kehormatan.

“Rute pawai kirab budaya pada hari ini dimulai dari Jalan Margo Santoso sampai dengan Jalan Yos Sudarso dilanjutkan ke Jalan Karya Etam kemudian berlanjut ke Jalan Jenderal Sudirman dan finish di depan BPU Kecamatan Sangatta Utara,”  jelasnya.(Rkt)

BACA JUGA :  Ardiansyah: Festival Sepak Bola MBC Optimis Lahirkan Atlet SMP Andal
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img