spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tak Hujan Sepekan, 5 Hektare Lahan Gambut di Kota Bangun Terbakar

TENGGARONG – Lahan gambut di Desa Liang Ilir, Kecamatan Kota Bangun, terbakar sejak Rabu (17/8/2022) sekitar pukul 16.00 Wita dan berhasil dipadamkan Kamis (18/8/2022) pukul 04.00 Wita. Sedikitnya 5 hektare lahan gambut habis terbakar.

“Iya di Desa Liang Ilir yang terbakar lahan gambut, tapi sudah padam tadi pagi,” ungkap Kapolsek Kota Bangun, Iptu Agus Fitriadi saat dikonfirmasi mediakaltim.com, Kamis (18/8/2022).

Lokasi kebakaran yang berada di tengah lahan gambut menjadi kendala utama. Struktur tanah yang lembek, menyulitkan personel Polsek Kota Bangun, unsur Muspika Kota Bangun dan masyarakat sekitar memadamkan api. Mobil pemadam tidak bisa mendekat, ditambah nihilnya sumber air di sekitar lokasi.

Namun hujan deras yang turun sejak dinihari, sedikit membantu upaya petugas mematikan api yang berkobar dan terus meluas. Sejak api berkobar, petugas pemadam kebakaran (damkar) dan Manggala Agnidari Kementerian Kehutanan terus memantau dan berusaha memadamkan api. Total 4 armada yang disiapkan, ketika mendekati pemukiman maka akan dilakukan penyemprotan.

Terkait dugaan penyebab awal kebakaran, AgusĀ  mengatakan dipengaruhi cuaca panas. Hampir sepekan lebih, Kecamatan Kota Bangun sangat panas dan tidak turun hujan. “Alhamdulillah tak ada korban, lokasi TKP jauh dari pemukiman,” tutup Agus.

Diketahui, lokasi kebakaran yang merupakan jalur penghubung Kota Bangun-Kembang Janggut dan Tabang ini merupakan rawa ketika memasuki musim penghujan. Namun ketika masuk musim kemarau, rawa tersebut akan berubah menjadi hamparan lahan gambut. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img