spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun Ini Pemerintah Pusat Bakal Bangun Pasar Rakyat di Desa Petangis

PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser berencana membangun pasar rakyat di Desa Petangis, Kecamatan Batu Engau. Pembangunan pasar tersebut akan dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan RI.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf, mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir, sudah dibangun dua pasar rakyat di dua desa.

“Sudah ada di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis dan pasar di Kelurahan Kuaro. Setiap bangunan memakan biaya sekitar Rp3 Miliar. Jadi tahun ini, akan ada pembangunan pasar di Petangis melalui dana tugas pembantuan dari Kemendag,” kata Yusuf.

Dijelaskan bahwa pasar di Jemparing dibangun pada tahun 2021, sementara pasar rakyat di Kuaro dibangun oleh Kemendag pada tahun 2022. Dalam waktu dekat, kedua pasar tersebut akan dihibahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Paser agar memudahkan pengelolaan dan perawatannya.

“Saat ini kami sedang meninjau pasar di Jemparing dan Kuaro, tahun ini asetnya akan dihibahkan dari Kemendag ke Pemda Paser,” sebut Yusuf.

BACA JUGA :  Picu Gejolak Masyarakat, Dinas ESDM Segera Tinjau Aktivitas Sedot Pasir Sungai Kandilo

Keberadaan pasar rakyat dinilai sangat penting sebagai urat nadi perekonomian masyarakat di desa. Pasar rakyat, kata Yusuf, memiliki peran untuk memantau harga kebutuhan pokok karena dari pasar rakyat tersebut dapat diketahui harga bahan pokok.

“Dua pasar yang sudah dibangun di Jemparing dan Kuaro, dapat segera difungsikan oleh masyarakat setempat, dan semoga pasar yang dibangun tersebut aktivitas jual belinya lebih nyaman dan rapi,” tutup Yusuf. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img