spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun ini, Dinas PU Kukar Garap Pelebaran Jalan Dalam Kota di 5 Titik

TENGGARONG – Sejumlah ruas jalan dalam kota, dilakukan pelebaran oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar). Sebanyak 5 titik yang menjadi fokus untuk diselesaikan, hingga tutup tahun anggaran 2023. Yakni 2 titik di Kecamatan Tenggarong, serta masing-masing 1 titik di Kecamatan Kota Bangun, Anggana dan Samboja.

Dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kukar, Linda Juniarti, Pemkab Kukar menggelontorkan hingga Rp 62,7 miliar untuk 5 titik tersebut. Diperuntukkan pelebaran di Jalan Ahmad Yani Tenggarong, Jalan Mayjen Sutoyo-Jalam KH Dewantara Tenggarong, Jalan Poros Sungai Seluang Menuju Bukit Raya Samboja, Jalan Kesturi menuju Jembatan Anggana dan ruas Jalan Kota Bangun II- lWonosari Kota Bangun.

Hal ini dilakukan, lantaran kondisi jalan yang sudah tidak memungkinkan. Karena lokasinya padat dan trafik mobilitas kendaraan yang tinggi. Sehingga berdasarkan hasil kajian dan analisanya, sangat diperlukan pelebaran ruas di 5 titik tersebut.

“Selain berada di tengah kota, juga mobilitas warga yang padat di sana,” ungkap Linda.

Linda pun memastikan, beberapa titik juga akan dilakukan pembangunan pedestarian. Dengan harapan memperindah lokasi pembangunan dan pelebaran jalan di 5 titik tersebut. Juga membangun trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan jalan. Sehingga tidak hanya memastikan jalan menjadi lancar, juga mempercantik Kukar.

“Harapannya tidak macet lagi, terutama jalan di dalam kota,” tutup Linda.

Diketahui, memang Bina Marga Dinas PU Kukar mengerjakan sejumlah proyek yang berhubungan dengan peningkatan, rehabilitasi dan pembangunan jalan di Kukar. Bahkan tahun 2023, mendapatkan alokasi anggaran hingga Rp 869 miliar. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bidang Bina Marga, Rp 583,8 miliar dianggarkan untuk rekonstruksi jalan di 20 kecamatan se-Kukar.

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img