spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahapan Pemilu 2024, KPU Bontang Mulai Proses Penyusunan DCS dan DCT

BONTANG – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 saat ini memasuki penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah dimulai pada 6 Agustus 2023 hingga verifikasi atas pengajuan pengganti DCS anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada 23 September 2023.

Adapun tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) akan dimulai pada 24 September hingga 3 November 2023 untuk penetapan DCT. Kemudian akan diumumkan pada 4 November 2023.

Ketua KPU Kota Bontang, Erwin mengungkapkan saat ini KPU sedang mengerjakan tahapan pada proses persiapan penetapan DCS, setelah itu ada pencermatan DCS hingga perbaikan DCS. Ia menambahkan proses selanjutnya yakni akan menetapkan Daftar Calon Tetap.

“DCS itu telah mulai pada awal Agustus. Ada proses tahapan yang dilakukan di DCS, seperti pencermatan, perbaikan serta tanggapan masyarakat,” kata Erwin kepada Mediakaltim.com, Senin (14/8/2023).

Selain itu, Erwin mengatakan proses tahapan saat ini dilakukan KPU Kota Bontang hingga penetapan hasil seluruh DCT pada 3 November 2023.

“DCS dan DCT akan dilakukan sesuai dengan waktu. Akan ditetapkan sesuai tahapan dan waktunya. DCS sendiri saat ini sesuai dengan yang memasukkan dokumen,” jelas Erwin.

BACA JUGA :  Pimpin Apel, Kapolres Sampaikan Beberapa Poin Penting

Dalam hal pencermatan, Erwin mengatakan baik DCS dan DCT akan dilaksanakan sesuai dengan tahapan jadwal pelaksanaan.

Sementara anggota KPU Bontang divisi teknis penyelenggaraan, Musdalifah mengatakan hingga kini proses tahapan penyusunan DCS telah dilakukan. Secara global tahapan DCS sampai pada 23 September 2023.

Ada proses rancangan di awal berjumlah 369 DCS, perbaikan berkurang menjadi 318 dan pencermatan masih dalam proses.

“Ini kami masih lakukan pencermatan. Secara umum tahapan DCS sampai 23 September 2023,” jelas Musdalifah dikonfirmasi Mediakaltim.com. (yah)

Pewarta: Yahya Yabo, Editor: Agus Susanto

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img