spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Surat Kemendagri Turun, Hamdam Dilantik Jadi Bupati di Samarinda

PENAJAM– Hamdam Pongrewa akan dilantik menjadi Bupati Penajam Paser Utara (PPU) pada Rabu (28/12/2022). Pelantikan dilakukan setelah Wakil Bupati PPU ini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) bupati, selama sekitar setahun.

Pelantikan berdasar surat  Kemendagri nomor 100.2.1.3-6324 tahun 2022. Ia bakal diamanahi  meneruskan masa jabatan kepala daerah sisa periode 2018-2023, yang masa jabatannya kurang dari setahun lagi. “Ya, besok pelantikannya,” ujar Hamdam, ditemui saat meresmikan fasilitas air bersih di Kecamatan Babulu, Selasa (27/12/2022).

Hamdam dilantik sebagai bupati PPU definitif setelah pejabat sebelumnya, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) tersangkut kasus korupsi pada awal 2022. Pengumuman pemberhentian secara tidak hormat AGM dari posisi bupati, sekaligus pengangkatan Hamdam sebagai penggantinya telah digelar  DPRD PPU pada 7 Desember 2022.

Di hari yang sama itu juga, berita acara rapat paripurna itu dikirimkan ke Pemprov Kaltim. Selanjutnya, pada 9 Desember surat rekomendari itu dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tak kurang 20 hari itu, surat balan akhirnya tiba, dan ditindaklanjuti dengan penjadwalan pelantikan. “Biasa-biasa saja, tidak ada persiapan macam-macam. Yang penting baju dan atributnya sudah ada. Inshaallah sudah siap,” sebut Hamdam.

BACA JUGA :  Gandeng Bulog, Pemkab PPU Adakan Operasi Pasar Sembako

Pelantikan dijadwalkan berlangsung di Pendopo Odah Etam, komplek Kantor Gubernur Kaltim di Jalan Gadjah Mada Nomor 1, Samarinda. Ini berbeda dengan harapan beberapa pihak di Benuo Taka, yang meminta pelantikan orang nomor satu di Pemkab PPU itu dilakukan di PPU.

“Pelantikannya di Kantor Gubernur. Karena memang sekarang aturannya begitu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hamdam mengaku telah mempersiapkan beberapa rencana kerja yang akan dilakukan dalam waktu singkat menjadi kepala daerah. Hamdam menyebutkan bakal melakukan beberapa perubahan dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

“Selanjutnya, ya melanjutkan program yang sudah kita rencanakan. Tentunya konsolidasi dengan tim kerja. Jadi bakal ada penyesuaian-penyesuaian. InsyaAllah semua berjalan lancar,” pungkasnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img