spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sujiati Dorong Pemkab PPU Terus Lanjutkan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Petani

PPU – Sekretaris Komisi II DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Sujiati mengaharapkan adanya dukungan pemerintah daerah untuk pelaku sektor pertanian daerah bisa terus dilakukan. Dukungan itu, baik dari sisi regulasi, peningkatan kapasaitas hingga bantuan sarana dan prasarana.

Pemkab PPU baru saja memberikan bantuan alat mesin pertanian kepada beberapa kelompok tani dan petani miskin ekstrem di wilayah Kecamatan Babulu dan Waru. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan Pembukaan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Gunung Mulya, Kecamatan Babulu, Rabu (12/6/24).

Berkaitan dengan itu, Sujiati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati PPU, Makmur Marbun yang telah memberikan perhatikan terhadap petani di wilayah PPU. Menurutnya, hal ini sangat membantu para petani di Benuo Taka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

“Sebaiknya petani cuma menanam saja, dan pemerintahlah yang memikirkan bagaimana kedepannya,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa pemerintah perlu memperhatikan berbagai permasalahan. Seperti alih fungsi lahan yang menyebabkan lahan pangan semakin menyempit.

BACA JUGA :  Jelang IKN, DPRD PPU Dorong Pemkab Adakan Kegiatan Pelestarian Kesenian dan Kebudayaan Lokal

“Jadi tugas pemerintah adalah bagaimana mengedukasi petani untuk tetap semangat meningkatkan produksi pangan,” tambahnya.

Sujiati berharap petani tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam pembangunan pertanian. Salah satu yang perlu dilakukan Pemkab PPU ialah pentingnya perhatian kepada para penyuluh pertanian.

“Rekan-rekan penyuluh pertanian harus diperhatikan karena mereka adalah garda terdepan bagi para petani,” tegas Sujiati.

Terlepas dari itu, ia menyebutkan bahwa adanya pelatihan yang dilakukan ini in isangat baik. Dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan baik kepada para penyuluh, anggota kelompok tani, gapoktan, maupun para petani langsung.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi petani di PPU, meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, serta memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani,” tutup Sujiati. (ADV/*SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img