spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sudah Lebih 4 Jam Down, Ini Penjelasan WhatsApp, Instagram, dan Facebook

WhatsApp, Instagram, dan Facebook dilaporkan down atau mengalami gangguan, Senin (4/10/2021) sekitar pukul 23.46 Wita. Hal itu seperti tercatat di laman downdetector. Bahkan hingga Selasa (5/10/2021) pukul 04.00 Wita, layanan ketiga media sosial tersebut belum pulih.

Tidak hanya di Indonesia, sejumlah pengguna di luar negeri juga mengeluhkan gangguan tersebut. Seperti di Inggris dan Pakistan.  Di Inggris, gangguan pada WhatsApp, Instagram, dan Facebook itu dilaporkan media The Independent.

Sementara di Pakistan, laporan gangguan ketiga media sosial tersebut dilaporkan media geo.tv. Sejumlah warganet mengeluhkan tidak dapat mengirim pesan melalui WhatsApp. “Waduh eror pdhal lg chat penting,” ujar Galih di laman downdetector. “Pesan tidak terkirim melalui WA ataupun WA Business,” tulis David. Tagar WhatsApp, #Instagramdown, dan #Facebookdown juga memuncaki daftar trendik topik Twitter.

Sedikitnya ada lebih dari 850.000 warganet Twitter yang mengeluhkan gangguan pada aplikasi WhatsApp mereka. Sementara yang mentwit dengan tagar #Instagramdown ada lebih dari 40.000 dan #Instgramdown ada 20.000 kali.

Situs Facebook tidak dapat diakses.

MINTA MAAF
Penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down masih belum terkonfirmasi. Namun telah muncul dugaan adanya kesalahan DNS.  Dikutip melalui laman downdetector, ketiga aplikasi tersebut mengalami gangguan di Indonesia dan di berbagai negara seperti Inggris dan Pakistan.

Melalui akun Twitter masing-masing dari ketiga aplikasi tersebut memberikan penjelasan terkait gangguan yang dialami terhadap platform mereka.

Dikutip melalui akun Twitter WhatsApp @Whatsapp, mereka mengakui tengah mengalami gangguan dan sedang dalam upaya untuk memperbaikinya. “Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!,” tulis WhatsApp, Selasa (5/10/2021).

Hal serupa juga diungkapnya oleh akun Twitter Instagram @InstragramComms. “Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap!#instagramdown,” twit tersebut.

Tidak hanya itu, akun Twitter Facebook @Facebook turut melayangkan permohonan maaf kepada masyarakat. “Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata akun Facebook. Sayangnya, dari ketiga aplikasi tersebut belum menjelaskan alasan dari gangguan yang terhadi terhadap platform mereka. (net/red)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img