spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Stok Dipastikan Aman, Harga Bahan Pokok di PPU Stabil Jelang Akhir Tahun

PPU – Stok kebutuhan bahan pokok di Penajam Paser Utara (PPU) dipastikan aman hingga penghujung 2023. Hal itu diyakini juga bakal menstabilkan harga pasar jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pemkab PPU melalu Dinas KUKM Perindag terus memonitor harga pangan di pasar. Untuk mengantisipasi sejak dini potensi lonjakan harga kebutuhan bahan pokok hingga pergantian tahun.

Sekkab PPU, Tohar menyampaikan hingga saat ini tidak terjadi kenaikan harga pasar siginifikan. Dalam laporan hasil pantauan, hanya ada beberapa komoditas yang disuplai luar daerah mengalami sedikit kenaikan.

“Tapi penyebab naiknya harga komoditas tersebut bukan karena momentum Natal dan Tahun Baru. Tetapi dampak dari musim kemarau yang melanda cukup lama, tapi masih terpantau wajar,” katanya, Rabu (20/12/2023).

Selebihnya, khususnya berbagai komoditas yang diproduksi di dalam daerah Kaltim masih terpantau aman. Itu dari hasil monitoring, juga berjalan baiknya beberapa program pemerintah dalam sektor tersebut.

“Saat ini bertepatan dengan musim tanam dan stoknya masih mencukupi. Seiring turunnya hujan, masa tanam dimulai untuk komoditas yang sifatnya menghasilkan juga nanti akan berpengaruh pada semakin stabilnya harga,” jelas Tohar.

Oleh karena itu, ia meyakini stok yang masih mencukupi tersebut, tidak akan terjadi lonjakan harga hingga memasuki Tahun Baru 2024. Sejalan dengan itu, pihaknya akan terus meminta kepada dinas terkait agar fokus pada pengawasan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran.

“Saya juga sarankan kepada kawan-kawan yang memiliki tugas pokok fungsi kelembagaannya untuk melakukan pemantauan,” pungkas Tohar.

Pewarta : Nur Robbi
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img