spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Stadion Gentung Temiang Diincar Jadi Homebase Paser United

PASER – Klub sepak bola amatir pendatang baru asal selatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Paser United menginginkan Stadion Gentung Temiang sebagai markas kesebelasan, di bawah naungan Askab PSSI Paser.

Ketua Askab PSSI Paser, Syahdan menyebut, pihaknya juga sudah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser untuk menggunakan fasilitas olahraga tersebut, untuk mempersiapkan diri pada kompetisi Liga 3 regional Kalimantan Timur (Kaltim).

“Secara resmi yang kita pinjam ke pemerintah daerah Stadion Gentung Temiang,” kata Syahdan, Senin (9/10/2023).

Nantinya sebelum digunakan untuk kesebelasan yang dijuluki Laskar Segentar Bumi, lebih dulu dilakukan verifikasi kelayakan oleh Asprov PSSI Kaltim. Tentunya, hal ini bersifat peminjaman. Kendati begitu, hal ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Pemkab Paser akan sepak bola.

“Kami berharap stadion (Gentung Temiang) ini kedepannya lebih layak lagi. Ya, mudah-mudahan nantinya dapat digunakan untuk main malam, bukan hanya sore,” harap Syahdan.

Sekadar diketahui, Stadion Gentung Temiang yang berlokasi di Jalan Kesuma Bangsa, Kilometer 5, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot ini pembangunannya sejak 2013 lalu, dan rampung pada 2015. Namun pemanfaatannya barulah sekira 1 tahun terakhir ini.

BACA JUGA :  MHA Mului di Paser dan Kebutuhan Fasilitas dari Pemerintah

Pasalnya, di Kabupaten Paser selain Stadion Gentung Temiang juga ada Stadion Sadurengas. Nama terakhir ini intens digunakan untuk berbagai gelaran, baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi Kaltim.

Stadion Gentung Temiang baru mulai dimanfaatkan satu terakhir ini karena belum adanya penyerahan aset dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) ke Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser.

Sehingga disinyalir menjadi kendala untuk dimanfaatkan, terlebih jika menyangkut tanggung jawab pemeliharaan ke depannya. Dikonfirmasi mengenai hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disporapar Kabupaten Paser, Arief Rahman mengatakan penyerahan telah dilakukan sekira September lalu.

“Dalam hal ini secara resmi sudah diserahkan ke Disporapar selaku pengguna barang untuk memanfaatkannya lebih lanjut,” ucap Arief, sapaan karibnya.

Alasan memilih Stadion Gentung Temiang untuk kandang Paser United, karena saat ini Stadion Sadurengas di Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot sedang dilakukan perawatan atau pemeliharaan untuk gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) November mendatang.

Disinggung perihal sewa stadion yang kerap dilakukan klub profesional, Arief menuturkan sejauh ini belum sampai pada pembahasan atau pola tersebut. Katanya, Pemkab Paser masih sebatas meminjamkan kepada Paser United. Namun tak menutup kemungkinan ke depannya diberlakukan harga sewa, tentunya lebih dulu dilakukan kajian.

BACA JUGA :  Andi Faisal Berikan Wawasan Kebangsaan pada Masyarakat Kuaro

“Sampai saat ini belum ke arah sana (sistem sewa), silakan dimanfaatkan dulu. Nanti seperti apa, masih kita carikan polanya,” tandasnya.

Pewarta : Bhakti Sihombing
Editor : Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img