spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sopan Sopian Dorong Pembangunan dan Peningkatan Jalan serta Jembatan di Muara Muntai

TENGGARONG – Akhirnya, masyarakat dua RT di Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar) dapat merasakan manfaat dari jalan yang mulus.

Perbaikan tersebut terjadi di RT 3 dan RT 5 setelah anggota DPRD Kukar Dapil 5, Sopan Sopian, berhasil mewujudkan aspirasinya berupa pembangunan badan jalan di wilayah tersebut.

Badan jalan sepanjang 200 meter ini ditingkatkan dengan peningkatan berupa semenisasi. Legislator yang berasal dari Partai Gerindra ini mengalokasikan anggaran pembangunan jalan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar.

“Iya, APBD Kukar tahun 2022 digunakan untuk mewujudkan ini, berdasarkan usulan dari Musrenbang Desa Muara Muntai Ulu,” ungkap Sopan pada Jumat (1/9/2023).

Sopan tidak hanya memfokuskan pada perbaikan badan jalan saja. Saat ini, ia juga berupaya untuk melakukan pelebaran dan semenisasi pada jembatan-jembatan di Desa Muara Muntai Ulu. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak lagi mengalami gangguan saat menggunakan akses jalan, baik di jalan darat maupun jembatan.

“Ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat saat ini bahan baku kayu ulin semakin sulit ditemukan. Kita harus mencari alternatif konstruksi baru untuk menggantikan kayu ulin, seperti semenisasi,” lanjut Sopan.

BACA JUGA :  Gelar FGD, BK-DPRD Kukar Undang Staf Ahli MK DPR RI

Saat ini, Sopan mengaku masih ada beberapa titik jalan lain yang menjadi target perbaikan. Namun, agar titik-titik tersebut dapat masuk dalam prioritas pembangunan jalan dan jembatan, perlu dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, terutama mengingat kenaikan signifikan dalam APBD Perubahan Kukar 2023.

“Semua desa di sana mengutamakan permintaan untuk meningkatkan, melebarkan, dan semenisasi jalan-jalan. Kami berharap pemerintah mendengarkan aspirasi masyarakat Muara Muntai, terutama dalam mengatasi masalah jembatan ulin yang mengganggu lingkungan,” tutup Sopan. (adv)

Penulis: Muhammad Rafi’i
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img