spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siswa ADEM, Brigita dan Melky Merakit Mimpi dan Siap Kembali Bangun Papua

MALANG – Menjadi siswa penerima beasiswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM), membuat Brigita Marice Momotsan dan Agustinus Melkisedek Belau bercita-cita setinggi mungkin.

Kedua peserta didik ini adalah berasal dari Jayapura dan Timika, Papua. Dengan adanya beasiswa ADEM tersebut, memberikan kesempatan kepada mereka untuk bersekolah di SMA Immanuel, Kota Batu.

Diketahui, beasiswa ADEM ini memang diperuntukkan bagi peserta didik jenjang sekolah menengah yang dari di Papua, Papua Barat, wilayah 3T dan repatriasi.

Brigita Marice Momotsan yang saat ini duduk di kelas X mengungkapkan bahwa dengan adanya beasiswa ini menjadi pintu gerbang bagi dirinya untuk mengembangkan potensi akademiknya.

Siswi asal Jayapura yang menyenangi pelajaran Matematika dan Biologi ini sangat ingin melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Cita-cita saya sangat ingin menjadi dokter spesialis penyakit dalam. Karena saya melihat ada om saya yang juga menjadi dokter spesialis penyakit dalam. Itu menjadi motivasi bagi saya,” kata Brigita saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang, Selasa (7/11/2023) lalu.

BACA JUGA :  Ini Pengakuan Lengkap Ibu dari Wanita Bom Bunuh Diri di Makassar

Dia pun menyadari bahwa untuk menggapai cita-citanya tersebut tidaklah mudah. Akan tetapi, dengan menjadi penerima beasiswa ADEM ini dirinya optimis akan mampu mencapainya.

“Saya juga tidak menyangka bisa mendapatkan beasiswa ini. Apalagi saya juga bisa bersekolah di SMA Immanuel yang kualitas pendidikannya sangat baik,” tuturnya.

Dikatakan, saat ini ibunya hanya bekerja sebagai staf administrasi sebuah rumah sakit di Papua dan ayahnya tidak bekerja. Dengan kondisi itulah ia terpacu untuk dapat menjadi orang yang berhasil.

Brigita megakui bahwa menjalani pendidikan di SMA Immanuel tidak terlalu sulit untuk beradaptasi. Karena, teman-temannya dan para guru banyak membantu dan mendampinginya.

Lebih lanjut Brigita menambahkan bahwa jika dirinya berhasil mencapai cita-citanya, akan siap untuk kembali ke Papua dan mengembangkan Papua di dalam bidang kesehatan.

Sama halnya dengan Brigita, Agustinus Melkisedek Belau atau yang akrab disapa Melky ini juga berkeinginan untuk kembali ke Papua.

Siswa kelas XI asal Timika penerima beasiswa ADEM ini mengaku sejak awal telah mendapatkan dukungan penuh dari orang tuanya untuk mengikuti seleksi beasiswa ini.

BACA JUGA :  Koran Digital Hari Ini, Kena OTT KPK, Gubernur Sulsel Diduga Terima Suap Rp 5,4 Miliar

Sang ayah memang menjadi sosok utama yang sangat mendukung untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Melky bercerita, ayahnya saat ini masih bekerja di salah satu perusahaan pertambangan di Papua.

Ketika diumumkan bahwa dirinya diterima dalam program beasiswa ADEM ini, dia sangat tidak menyangka. Apalagi, dia sebelumnya sudah diterima di sekolah di Jayapura.

“Tapi saya ternyata diterima sebagai penerima beasiswa ADEM dan bisa melanjutkan sekolah di SMA Immanuel,” katanya.

Dikatakan, sebagai penerima beasiswa ADEM ini juga membuatnya bercita-cita ingin berusaha keras agar bisa mendapatkan beasiswa lagi di perguruan tinggi. Dia bercita-cita ingin mendalami ilmu pertambangan, sama seperti ayahnya.

“Saya ingin sekali bisa kuliah jurusan pertambangan di Bandung atau di Yogyakarta. Saya sempat melihat-lihat di internet terkait jurusan pertambangan yang bagus. Pilihannya antara di Bandung dan Yogyakarta,” tuturnya.

Keduanya pun berharap jika nantinya ilmu-ilmu yang mereka dapatkan bisa bermanfaat dan membantu banyak orang, ketika nantinya kembali ke tanah Papua.

Pewarta : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img