spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sisa Tiga Hari, Belum Jelas Kapan Rahmad Mas’ud Dilantik sebagai Wali Kota Balikpapan

BALIKPAPAN – Masa jabatan Rizal Effendi sebagai Wali Kota Balikpapan tinggal 3 hari. Penggantinya adalah Rahmad Mas’ud yang sukses memenangi Pilkada Balikpapan 2020. Akan tetapi, sampai saat ini, jadwal pelantikan Rahmad untuk duduk di kursi nomor satu Balikpapan masih belum ada.

Hal tersebut membuat kolega Rahmad di Partai Golongan Karya, Andi Arif Agung, gerah. Pria yang juga menjabat anggota DPRD Balikpapan itu mendesak pemerintah pusat segera melantik Rahmad. Penanganan pandemi Covid-19 menjadi alasannya.

Desakan tersebut bukan sekedar omong kosong. Andi berencana terbang ke Jakarta pada Kamis, 26 Mei 2021. Mengupayakan percepatan pelantikan Rahmad menjadi misi utama yang diusungnya di Ibu Kota.

“Besok (hari ini) kami ke kantor Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) untuk mengonsultasikan pelantikannya,” kata Andi kepada awak media, Rabu, 26 Mei 2021.

Balikpapan yang masih berjuang melawan pandemi Covid-19 menjadi dalih Andi agar Rahmad segera dilantik sebagai wali kota. Pasalnya, wali kota juga bertugas sebagai ketua Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tingkat kota.

Selain itu, percepatan pemulihan ekonomi dan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim juga menjadi alasannya. Balikpapan, kata Andi, harus bersiap diri menyambut IKN. Oleh karena itu, kehadiran sosok pemimpin kota sangat dibutuhkan. “Karena hanya pemimpin yang bisa mengambil kebijakan,” ucapnya.

Andi pun menyampaikan, dirinya menolak jika Balikpapan dipimpin pejabat sementara (Pjs) atau pelaksana tugas (Plt). Pasalnya, kewenangan Pjs dan Plt dalam mengambil kebijakan disebut terbatas. Bagi Andi, masyarakat Balikpapan akan terkatung-katung tanpa wali kota definitif.

“Jangan sampai Balikpapan kelamaan tidak ada pemimpinnya. Malah jadi ibarat ayam tanpa induknya nanti,” sebutnya.

Pada kesempatan berbeda, Gubernur Kaltim Isran Noor mengaku belum mendapatkan instruksi dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk melantik kepala daerah. Sehingga ia belum tahu kapan Rahmad Mas’ud dilantik sebagai Wali Kota Balikpapan.

Meski demikian, Isran menyatakan siap kapan saja melantik Rahmad untuk menggantikan Rizal Effendi yang masa jabatannya selesai 30 Mei 2021. “Kalau ada perintahnya besok, besok juga kami lantik,” kata Isran saat berkunjung ke Balikpapan pada Senin, 24 Mei lalu.

Dia pun melanjutkan andai sampai akhir Mei masih belum ada kepastian pelantikan Rahmad, Balikpapan akan dipimpin Pjs. Namun dia merahasiakan nama calon Pjs tersebut. “Siapa yang ditunjuk Pjs? Kita lihat saja nanti,” tandasnya. (kk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img