spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siplah Terpadu DLH PPU Bentuk Dukungan Kesiapan Menuju Serambi Nusantara

PPU – Lahirnya inovasi Sistem Informasi Pelayanan Lingkungan Hidup Terpadu (Siplah Terpadu) merupakan dukungan bagi Penajam Paser Utara (PPU) dalam persiapan menuju Serambi Nusantara. Persiapan ini menghadapi pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke wilayah Benuo Taka.

Aksi Perubahan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU baru saja diluncurkan. Inisiatif ini digagas oleh Sekretaris DLH PPU, Syamsiah yang dibimbing langsung Kepala DLH PPU, Tita Deritayati.

“Siplah Terpadu ini merupakan salah satu aksi perubahan di DLH PPU yang dilakukan oleh Sekretaris DLH PPU, yaitu Syamsiah, dengan bimbingan saya,” ujar Tita, Jumat (19/5/2023).

Tita menjelaskan bahwa konsep dasar inovasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan pemerintah, khususnya dalam hal tugas dan tanggung jawab DLH terhadap masyarakat. Oleh karena itu, mereka menganalisis beberapa kekurangan yang masih ada di lembaga mereka.

“Konsep ini merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan di DLH PPU. Saat ini, dengan adanya era digital, pelayanan kepada masyarakat juga perlu didigitalisasi. Melalui aksi perubahan ini, kami juga ingin mendukung Kabupaten PPU dalam persiapan menjadi Serambi Nusantara,” jelasnya.

BACA JUGA :  DLH PPU Imbau Masyarakat Taat Jam Buang Sampah Selama Ramadan

Selama ini, tambah Tita, beberapa layanan pengaduan masyarakat dan layanan terkait lainnya masih menggunakan proses manual. Oleh karena itu, diperlukan terobosan untuk memangkas birokrasi dan memudahkan komunikasi dengan masyarakat.

“Sebelumnya, masyarakat harus datang langsung ke kantor. Mereka kebingungan tentang di mana harus mengadukan masalah mereka. Oleh karena itu, sistem pelayanan ini menggunakan teknologi informasi. Kami memiliki website yang akan disesuaikan dengan fiturnya,” ungkapnya.

Saat ini, Siplah Terpadu sedang dalam tahap finalisasi sehingga dapat segera beroperasi dalam waktu dekat. Mereka telah mempersiapkan perangkatnya, mulai dari penyediaan fitur layanan di website hingga operator yang berpusat di Sekretariat DLH PPU.

“Tahapannya sedang berjalan, dan akan ada sosialisasi. Kami sedang menyiapkan perangkat dan fitur-fiturnya. Targetnya adalah agar sistem ini dapat berjalan pada awal Juni, namun secara bertahap,” pungkas Tita. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img