spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sigit Wibowo Tekankan Pentingnya Empat Konsensus Kebangsaan di Balikpapan

BALIKPAPAN – Berlokasi ruang SMP Negeri 4 Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Rabu (22/11/2023), Sosialisasi wawasan kebangsaan (Soswasbang) dilakukan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo.

Soswasbang Sigit Wibowo dihadiri, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, juga hadir dari warga RT 3, 13, 17, 19, 37, 43 dan RT lainnya dari Balikpapan Barat.

Dihadirkan Gigih Widya Wirawan dari Lembaga Mitra Iswara dan Sutiawan Puji Wahyono dari Lembaga Informasi Pembagunan Daerah sebagai narasumber dan sebagai Moderator di plot oleh Joko Prasetyo.

Sosialisasi meliputi empat konsensus kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sigit Wibowo memaparkan bahwa kegiatan Sosbang ini adalah kegiatan rutin DPRD Kaltim yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta dan pemahaman masyarakat terhadap tujuan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi wawasan kebangsaan merupakan salah satu tanggung jawab DPRD Kaltim dalam rangka membangun landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terdiri dari landasan ideologi pancasila, konstitusi, persatuan dan kesatuan, dan semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia dan pembangunan di daerah,” ujar Sigit.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyampaikan, sikap dan tindakan warga negara yang didasari oleh kecintaan pada negaranya, untuk melindungi dan mempertahankan negaranya dari berbagai macam ancaman, baik ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri.

“Bela negara diperlukan karena adanya ancaman yaitu, setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara dan keselamatan bangsa,” pungkasnya. (adv/mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img