spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siaga Jelang Nataru, Polres Kubar Siapkan Pos Pengamanan di Beberapa Titik

KUTAI BARAT  – Polres Kabupaten Kutai Barat menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Mahakam 2023 dalam rangka pengamanan Natal  dan Tahun baru (Nataru) Tahun 2023, bertempat di halaman Mako Polres Kubar, Rabu (20/12/2023).

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan, Kapolres Kubar, AKBP Heri Rusyaman, Wakapolres Kutai Barat, Kompol Ahmad Abdullah dan seluruh jajaran Forkopimda Kubar.

Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman menyampaikan amanat Kapolri bahwa kegiatan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana sehingga pengamanan Nataru dapat berjalan optimal.

Selanjutnya Kapolres Kutai Barat mengatakan kegiatan pengamanan tahun ini, setidaknya ada 3 poin utama yang menjadi perhatian. Yakni, terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi kamtibmas yang kondusif dan keamanan, serta kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik.

“Dalam mewujudkan stabilitas harga pangan, Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil. Upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan Kementerian/ Lembaga terkait serta penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku, penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan,” terang Kapolres.

Sedangkan untuk menjaga kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, kata Kapolres, pihaknya mengingatkan kepada seluruh personel Polres Kubar untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional, seperti curat, curas, curanmor, copet, bius, hipnotis, dan pencurian rumah kosong  melalui peningkatan kegiatan preemtif, preventif, dan represif.

“Sementara untuk kelancaran arus lalu lintasC saya menekankan agar seluruh personel bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Berikan atensi penuh pada titik rawan kecelakaan dan rawan macet yang ada terutama pada puncak arus mudik yakni H-2 Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sementara untuk Puncak arus balik pada H+5 Natal 2023 dan Tahun baru 2024,” tuturnya.


Kapolres AKBP Heri Rusyaman  bersama wabup Kubar H.Edyanto Arkan mengecek kendaraan roda 4  yang akan digunakan dalam kwgiatan operasi lilin mahakam 2023.

Adapun untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, Polres Kubar akan menempatkan beberapa Pos utama persinggahan/sementara. Antara lain, 1. Pos Pelayanan Pelabuhan Kecamatan Melak, 2. Pos Pengamanan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok.

Sedangkan  Pos  untuk Persinggahan/sementara monitoring jajaran Polsek berada di 1.Pos Bandara Melalan, 2. Pos Pelabuhan Persinggahan Tering, 3. Pos Jempang, 4. Pos Pelabuhan Persinggahan Muara Pahu, 5. Pos Pelabuhan Persinggahan Penyinggahan.

Untuk Gereja yang akan diamankan pada saat perayaan Natal 2023 berjumlah 336 tempat ibadah sewilayah Kabupaten Kutai Barat dan ada pengaman tempat pergantian Tahun antara lain Alun-alun Itho dan Taman Budaya Sendawar, Operasi ini berlangsung selama 12 hari.

“Sebelum mengakhiri amanat pagi ini, saya  Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintahan Daerah, dan Pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2023. tutup Kapolres Kutai Barat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Apel Gelar Pasukan ini juga diikuti Peleton TNI Kodim 0912/kbr, Satu Peleton Brimob Kubar, Satu Peleton Samapta Polres Kubar, Satu Peleton staf Polres Kubar, Satu Peleton Sat Lantas, Satu Peleton gabungan Sat Intel,Reskrim dan narkoba, Satu Peleton Satpol PP, Satu Peleton KPHP Batu Rook Kubar, Satu Peleton KPHP Damai Kubar, Satu Peleton BPBD Kubar, Satu Peleton Damkar Kubar.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img