spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seribu Warga Bontang Selasa Ini Divaksin Moderna

BONTANG – Penyuntikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum di Bontang bakal dimulai Selasa (24/8/2021) besok. Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang menyiapkan seribu dosis vaksin untuk masyarakat di dua kelurahan, yakni Berebas Tengah dan Bontang Baru.
Kepala Dinkes Bontang, Bahauddin mengatakan, di tahap kedua ini, Kota Taman kembali mendapatkan jatah vaksin Moderna sebanyak 430 vial.

Untuk masyarakat Kelurahan Berebas Tengah dan Bontang Baru, masing-masing dijatah 500 dosis. Sedangkan sisanya, disuntikkan ke tenaga kesehatan (nakes) yang pada tahap pertama lalu, belum mendapatkan jatah. “Untuk masyarakat umum, sasarannya kepada mereka yang belum pernah divaksin dan berusia di atas 18 tahun,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (23/8/2021).

Vaksinasi bagi warga Bontang Baru, kata Bahauddin, dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang. Sedangkan bagi warga Berebas Tengah, di Aula Gedung Kelurahan. “Teknis undangan vaksinasi ke warga kami serahkan ke kelurahan masing-masing,” ujarnya.

Bahauddin menyebutkan, efikasi vaksin asal Amerika Serikat itu dalam mencegah infeksi Covid-19 mencapai 96 persen. Berbeda dengan Sinovac yang hanya sekitar 60 persen. Namun begitu, kata dia, tak ada jaminan sedikitpun seseorang yang sudah divaksin, tidak akan terpapar Corona. “Namun ketika sudah vaksin, gejalanya tentu tidak separah yang belum divaksin,” katanya.

Sebelumnya, pada tahap awal, sebanyak 130 vial vaksin Moderna sudah tiba di Bontang. Dosis vaksin kala itu disiapkan untuk 1.950 nakes sebagai booster. Mengingat nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19, sehingga harus menjadi prioritas. (bms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img