spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Serahkan Bantuan, Bupati Edi Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi di Jalan Gunung Belah RT 44, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong. Kebakaran yang terjadi pada Selasa (9/7/2024) ini, menghanguskan 2 bangunan dengan 3 pintu. Dua diantaranya merupakan toko sembako.

Ini menjadi kejadian kedua kebakaran pemukiman padat penduduk. Sebelumnya terjadi di Jalan Mangkuraja Tenggarong, pada Sabtu (29/6/2024) lalu.

Edi Damansyah pun menginginkan warga bisa meningkatkan kewaspadaan di masing-masing lingkungannya. Memastikan kondisi rumah yang ditinggalkan, benar-benar aman. Terutama terkait listrik maupun kompor, yang kerap menjadi pemicu atau faktor terjadinya kebakaran.

“Karena itu merupakan langkah-langkah daripada upaya kita, ikhtiar kita dalam meningkatkan kewaspadaan serta menjaga agar tidak terjadi lagi musibah-musibah yang tidak kita kehendaki seperti ini,” ungkap Edi Damansyah, Rabu (10/7/2024).

Edi pun berharap, masing-masing tingkat RT bisa menyiapkan ketersediaan sarana dan prasarana (sapras) pencegahan musibah kebakaran. Salah satunya dengan memanfaatkan alokasi program dana Rp 50 juta per RT bisa direalisasikan. Disamping memang kewajiban Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kukar, yang memiliki tugas utama dalam penanganannya.

BACA JUGA :  BUMDes Diharapkan Jadi Penggerak Ekonomi Desa

Termasuk apresiasi kepada para relawan yang selalu sigap membantu proses penanganan apabila terjadi kebakaran di daerah pemukiman padat penduduk. Namun harapan yang diinginkan oleh Edi, agar kejadian musibah di Kukar tidak terjadi.

“Kembali lagi ada baiknya ketersediaan sarana dan prasarana ini hanya disiapsiagakan dan dirawat saja, jangan sampai dipakai,” lanjut Edi.

“Artinya, jangan sampai ada musibah kebakaran yang terjadi. Maka dari itu kita harus sama-sama tingkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan terhadap lingkungan sekitar kita,” tutup Edi. (ADV)

Penulis :┬áMuhammad┬áRafi’i

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img