spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seno: Perusda harus Dikelola SDM Kompeten

SAMARINDA – Perusahaan Daerah (Perusda) memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) di Kaltim. Kondisi itu bisa tercapai kalau pengelolaan Perusda dilakukan oleh SDM yang berkompeten. Menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Seno Aji, keunggulan ekonomi di sektor tertentu, dimiliki oleh semua daerah. Kaltim, diketahui, kaya akan SDA mineral dan migas.

Perusda yang tepat dengan pengelolaan yang juga tepat sesuai sektor unggulan daerah, otomatis memberikan kontribusi besar PAD.
“Perusda sebenarnya bisa menjadi penyumbang PAD terbesar kedua setelah pajak daerah,” kata Seno.Legislator gerindra ini menyadari beberapa Perusda tidak berjalan baik minimnya kompetensi pengelola Perusda. Ditambah, lemahnya pengawasan dari badan pengawas dan pemerintah daerah.

Pada akhirnya Perusda tidak berkembang dan tidak memberikan manfaat bagi daerah.
Pemprov Kaltim menurut Seno, wajib memberikan perhatian khusus pada perkembangan Perusda. “Perusda setelah dibentuk, tak berkembang, tak tumbuh sebagaimana diharapkan. Padahal tujuannya menjadi sumber PAD yang signifikan bagi Kaltim. Itulah yang harus dimaksimalkan pemprov,” paparnya. (Adv/mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img