spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seminar Nasional di Unsrat: Pj Gubernur Kaltim Bahas Pentingnya Kolaborasi Pemerintah

MANADO – Setelah menghadiri High Level Forum CTI-CFF (The Coral Triangle Initiative on Coral Reef), Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Prof. Dr. Akmal Malik, memenuhi undangan Civitas Akademik FISIP Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut) sebagai narasumber dalam Seminar Nasional bertema “Evaluasi Otonomi Daerah” di Kampus FISIP Unsrat Manado, Sabtu, 8 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Akmal memotivasi ratusan mahasiswa dan mahasiswi FISIP Unsrat Manado. Akmal mengatakan bahwa sejatinya desentralisasi adalah penyelesaian tugas pusat kepada daerah untuk dilaksanakan.

“Karena banyaknya urusan, maka tidak semua urusan itu dilakukan sendiri-sendiri,” kata Akmal.

Menurut Akmal, urusan kesehatan juga memerlukan infrastruktur. Lingkungan hidup juga perlu dukungan kehutanan. Agar ini sinkron, menjadi kolaboratif, dan memberikan manfaat, maka perlu orkestrasi.

“Itu bertujuan agar program-program yang dilaksanakan di daerah berkolaborasi dengan urusan-urusan yang lain,” pesannya.

“Sehingga, kita semua bekerja dengan tenang dan nyaman. Ini yang sering kali dilupakan,” tegas Akmal.

Menurut Akmal, apa yang menjadi urusan kementerian yang satu bukan hanya urusan mereka sendiri untuk diselesaikan. Contoh, urusan Kementerian Kehutanan tidak mesti diselesaikan sendiri oleh Kementerian Kehutanan.

BACA JUGA :  Faisal: Percepat Literasi Digital di Era Teknologi

Untuk itu, semua perlu kolaborasi dan dalam berkolaborasi membutuhkan orkestrasi. Sehingga apa yang ingin dicapai dapat terwujud.

“Implementasinya saat ini kita sadari memang sudah ada yang bagus dan belum. Tapi, terus kita bangun bersama-sama. Makanya, orkestrasi pemerintah harus harmonis. Itulah bagian dari tujuan otonomi daerah,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, seminar semakin menarik karena Pj Gubernur Akmal menguji para mahasiswa dan mahasiswi untuk menjawab dua pertanyaan. Alhasil, mahasiswa dan mahasiswi yang mampu menjawab diberikan reward atau hadiah langsung dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini.

Dekan FISIP Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Dr. Ferry Daud Liando, menjelaskan bahwa tujuan Seminar Nasional ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dan mahasiswi Fakultas FISIP Unsrat.

Hadir mendampingi Pj Gubernur Akmal Malik adalah Kadis Pariwisata Kaltim, Ririn Sari Dewi, dan Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Hj. Syarifah Alawiyah.(adv/adpim/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img