spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seleksi Panwaslu Kecamatan Dibuka, Target 30 Persen Keterwakilan Perempuan

TENGGARONG – Badan Pengawas Pemilu Kutai Kartanegara (Bawaslu Kukar) resmi memulai proses rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan. Sebanyak 60 orang yang akan diterima, dengan masing-masing kecamatan sebanyak 3 orang komisioner.

Ketua Bawaslu Kukar, Rahman mengatakan, pentingnya partisipasi masyarakat di 18 kecamatan dan 2 kecamatan baru. Untuk ikut mendaftarkan diri, sebagai upaya bersama membantu Bawaslu Kukar dalam mengawasi pelaksanaan pemilu di masing-masing kecamatan.

“Setidaknya harus ada keterwakilan perempuan 30 persen, minimal 1 orang di masing-masing Panwaslu Kecamatan,” ungkap Rahman saat dihubungi, Kamis (15/9/2022).

Tiap 3 anggota Panwaslu Kecamatan memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Yakni Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Divisi Hubungan Antar Lembaga dan Divisi Penindakan Pelanggaran. Termasuk sekretariatnya juga akan dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan, dengan persetujuan Bawaslu Kukar.

Berdasarkan petunjuk dan teknis yang dikeluarkan dalam proses rekrutmen. Proses pendaftaran hingga penyerahan berkas  dijadwalkan pada tanggal 15-27 September 2022. Namun jika hingga waktu yang ditetapkan belum mencukupi kebutuhan, maka akan diperpanjang selama sepekan, atau 2-8 Oktober 2022.

Rahman menegaskan, rekrutmen akan dilakukan dengan seleksi yang cukup ketat. Akan dicari anggota Panwaslu Kecamatan yang mampu menjalankan tugas dengan profesional dan penuh waktu, serta berintegritas tinggi.

“Sanggup mewakafkan dirinya lah untuk menjadi pionir pengawasan tingkat kecamatan. Agar pemilu berjalan sesuai peraturan dan perundangan-undangan,” tutup Rahman. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img