spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Sri Wahyuni Optimistis Mampu Kembangkan Kemampuan Digital Kepala Perangkat Daerah

JAKARTA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, membuka kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Government Chief Information Officer (GCIO) di Hotel Mercure Jl. Gatot Subroto, Selasa (23/5/2023).

Sebanyak 36 kepala perangkat daerah di lingkungan provinsi Kaltim hadir pada kegiatan ini bersama dengan 10 kepala dinas Kominfo se-Kabupaten/Kota di Kaltim.

Smart City dan Smart Province merupakan wujud dari proses Transformasi Digital yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik dan administrasi pemerintahan.

Terdapat dua aspek penting untuk keberhasilan program tersebut, yaitu penerapan teknologi dan peran pemimpin sebagai pengelolanya.

Komiten Sri Wahyuni untuk memajukan Provinsi Kalimantan Timur terkait digitalisasi di Perangkat Daerah (PD) provinsi Kaltim mendapat respon baik dengan kehadiran kepala perangkat daerah pada acara ini.

“Karena keberhasilan Pengelolaan TIK dimulai dari proses perencanaan yang berorientasi pada kualitas dan keberlanjutan, maka diharapkan program Government Chief Information Officer (GCIO) ini dapat menjadi bagian dari proses pembelajaran kematangan dalam mengelola penerapan teknologi informasi di lingkungan pemerintahan,” ungkap Sri Wahyuni.

BACA JUGA :  Beasiswa Kaltim Tuntas Dibuka, Pendaftaran 22 Maret  hingga 21 Mei 2022

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

Dari pengertian SPBE ini, ada tiga kata kunci penting, yaitu Penyelenggaraan Pemerintahan, kemudian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan terakhir Layanan.

“Optimisme perlu terus kita gelorakan pada semua level kepemimpinan agar memberikan sumbangsih konkret dalam akselerasi reformasi birokrasi. Saya selaku Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berterima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo beserta jajarannya atas penyelenggaraan Pelatihan Digital Leadership (GCIO) ini dan sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber Kepala Direktur Layanan Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI dan dilaksanakan selama 3 hari dengan rangkaian kunjungan ke Jakarta Smart City Command Center. (tp/pt/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img