spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Balikpapan Minta Karang Taruna Bantu Atasi Stunting, Narkoba dan Tingkatkan Literasi

BALIKPAPAN – Sekda Balikpapan, Muhaimin meminta Karang Taruna Kota Balikpapan bisa berkontribusi aktif bagi pembangunan Kota Balikpapan. Pemberdayaan Karang Taruna merupakan proses pengembangan kemampuan, kesempatan dan pemberian kewenangan untuk terus meningkatkan pencegahan dan penanganan masalah sosial.

Menurut Muhaimin, masih tingginya kasus stunting, narkoba dan minat baca (literasi) rendah di kalangan muda-mudi menjadi persoalan kota dan nasional yang perlu pengananan dan perhatian bersama.

“Karena itu saya minta Karang Taruna aktif membantu pemerintah mengatasi permasalahan tersebut. Apalagi kedepan kita sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara, maka tugas peran kita menjadi semakin berat dan tertantang memajukan Kota Balikpapan,” ujarnya saat Temu Karya Karang Taruna berprestasi, Minggu (29/10/2023).

Lebih lanjut Muhaimin menjelaskan, tentu ini membutuhkan SDM yang baik dan mumpuni bagi generasi muda. Untuk itu Karang Taruna harus menguatkan sinergi dengan pemerintah kota dan stakeholder lainya.

Di sisi lain, Muhaimin juga mengapresiasi kepengurusan Karang Taruna Kota Balikpapan baik tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan dalam hal menjaga keutuhan organisasi. Karang Taruna Balikpapan lepas dari konflik kepengurusan di tingkat provinsi. Walaupun di Balikpapan sempat terjadi konflik di tubuh organisasi lain namun hal itu dapat diselesaikan dengan baik.

“Biar di provinsi dan nasional konflik, tapi di Balikpapan tetap satu Karang Taruna. Ini menunjukan kedewasaan kita tinggi bahwa kita tidak ingin diceraiberaikan, tidak ingin diadu domba,” jelasnya.

Karang Taruna Kota Balikpapan ingin fokus mengembangkan potensi kepemudaan sesuai keinginan. Oleh karena itu Muhaimin mengajak karang taruna dan OPD terkait untuk terus berkolaborasi mengembangkan program kegiatan mitra Karang Taruna dan sosial kemasyarakatan.

“Pengurus Karang Taruna Kelurahan dan Kecamatan bersinergi dengan PKK Kelurahan dan Kecamatan. Bersinergilah dengan LPM dan organisasi lain, dalam rangka mengembangkan Karang Taruna supaya berkiprah di masyarakat. Jangan sendiri-sendiri hasil tidak terlihat. Kalau bersama–sama tentu bisa melaksanakan dengan baik,” tambahnya.

Muhaimin yang juga Ketua Karang Taruna Kota Balikpapan memberikan apresiasi dan terima kasih kepada DP3AKB yang memilih pengurus Karang Taruna Kelurahan teraktif atau berprestasi.

“Harapan kita bukan berhenti sampai di sini tapi sebagai penyemangat bagi pengurus Karang Taruna melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan,” tegasnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img