spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Balikpapan Lepas 170 Atlet NPC Balikpapan, Siap Berlaga di Peparprov 2023

BALIKPAPAN – Sebanyak 170 atlet, pelatih dan official National Paralympic Committee (NPC)  Kota Balikpapan siap untuk untuk berlaga dalam Pekan Paralympic ke-4 tingkat Provinsi Kaltimantan Timur (Kaltim) mulai 15-20 November 2023 dalam 13 cabang olah raga.

Pertandingan yang akan berlangsung di Balikpapan ini, menggunakan beberapa venue. Di antaranya, Dome, Tennis Indoor Balikpapan, Lapangan Sudirman, Kolam Renang Mulawarman, dan Hevindo.

Pelepasan atlet NPC tersebut dilakukan Sekdakot Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan didampingi Staf Ahli, Heria Prisni, Kepala DPOP Balikpapan, Ratih Kusuma, Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kaltim dan NPCI Balikpapan, di Halaman Pemkot Balikpapan, Senin (13/11/2023).

Muhaimin meminta kontingen atlet paralympic Balikpapan untuk tampil dengan semangat mencapai prestasi walaupun dalam kondisi terbatas. “Jumlah besar harus ditebus dengan prestasi yang besar pula. Jadilah juara tapi bukan menghalalkan segala cara,” ujarnya.

Lebih lanjut Muhaimin menjelaskan, meski memiliki keterbatasan namun tidak menutup untuk para atlet ini berprestasi, bahkan hingga ajang nasional.

BACA JUGA :  Gara-gara Beli Tiket Lewat Calo, Sejumlah Penumpang Kapal Laut Gagal Mudik

“Ada keterbatasan tapi tidak menutup untuk berprestasi mengalahkan yang normal. Tekad kita jadi yang terbaik di Kaltim, tapi dengan cara sportivitas,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua NPCI Kaltim, Suharyanto mengatakan, ada sekitar 913 orang yang terlibat dalam gelaran Peparprov 2023 di Balikpapan, yakni 615 atlet paralympic, 256 wasit dan juri serta 200 pelatih. Kegiatan Peparprov Kaltim 2023 juga di dukung panitia sekitar 200 orang. “Cabor itu 15 tapi masih nunggu dua cabor bowling dan anggar,” tambahnya.

Ke depannya,  Peparprov ini akan menjadi seleksi Peparnas 2024. Di mana nantinya akan ada training center (TC) dari masing-masing Kabupaten/Kota. “Nah, dari sini Peparprov betul-betul diambil untuk Peparnas tahun depan di Medan. Kalau anggaran kita dapat dar D-Bon sekitar 5 miliar,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala DPOP Balikpapan, Ratih Kusuma menambahkan untuk atlet paralympic dan kontingen Balikpapan berjumlah 174 atlet. “Atlet berjumlah 141 atlet dan 31 pelatih. Secara keseluruhan ada 658 atlet Balikpapan ikut semua 13 cabor. Diikuti 9 kabupaten/kota,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemkot Balikpapan Keluarkan SE Wali Kota Soal Penjualan BBM Eceran dan Pom Mini

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img